Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

 

22 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mahfud MD Kenang Gus Dur Sebagai Guru Agama Sekaligus Mentor Politik

Sabtu 07 May 2022 09:52 WIB

Red: Agus Yulianto

Menko Polhukam Prof Mahfud MD.

Menko Polhukam Prof Mahfud MD.

Foto: Dok Kemenko Polhukam
Gus Dur merupakan sosok yang sangat gigih memperjuangkan toleransi dalam perbedaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengenang Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. Kata dia, Gus Dur adalah sosok guru dalam beragama sekaligus mentor dalam berpolitik.

 

"Presiden Ke-4 RI Gus Dur adalah guru besar saya dalam beragama dan mentor saya dalam berpolitik," tulis Mahfud dalam salah satu keterangan foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd, Sabtu (7/5/2022).

Kenangan tersebut diungkapkan oleh Mahfud usai berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Sabtu pagi. "Pagi ini, saya ditemani istri Zaizatun Nihayati dan anak saya Royhan Akbar berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang," kata dia.

Mahfud pun mengungkapkan rasa rindunya terhadap Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur merupakan sosok yang sangat gigih memperjuangkan toleransi dalam perbedaan dan Islam wasathiyah atau Islam moderat.

Selain berziarah ke makam Gus Dur, Mahfud menyampaikan bahwa dia juga menziarahi makam beberapa ulama keluarga Gus Dur sekaligus pejuang NKRI yang dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng. Di antaranya, KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim.

"Di kompleks pemakaman itu, juga beristirahat para pejuang NKRI yang tak lain adalah kakek, ayah, ibu, paman, dan adik Gus Dur, yakni KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, Nyai Solihah, KH Yusuf Hasyim, dan Gus Sholah," ujar Mahfud.

Sebelum berziarah ke makam Presiden Ke-4 RI itu, Mahfud menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, yakni KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Diketahui pula, Gus Kikin memimpin pembacaan tahlilan dan doa dalam momen ziarah tersebut.

"Tahlilan dan doa dipimpin langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz yang biasa dipanggil Gus Kikin," tulis Mahfud.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile