Ahad 08 May 2022 21:43 WIB

Kala Polwan Polresta Cirebon Jadi Penari Topeng, Hibur Pemudik Arus Balik

Selain tari topeng, polisi juga memberikan sajian kuliner khas Cirebon berupa nasi jamblang dan empal gentong.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Partner
.
Foto: network /Lilis Sri Handayani
.

Polresta Cirebon menampilkan tari topeng untuk menghibur pemudik arus balik. (Dok Humas Polresta Cirebon)
Polresta Cirebon menampilkan tari topeng untuk menghibur pemudik arus balik. (Dok Humas Polresta Cirebon)

CIREBON – Selama arus mudik dan balik Lebarna Idul Fitri 2022, jajaran Polresta Cirebon tak hanya memberikan pengamanan di jalan raya. Namun, mereka juga menghibur para pemudik agar kembali fit untuk melanjutkan perjalanan.

Hal itu seperti yang dilakukan jajaran Polresta Cirebon, yang menghibur para pemudik yang akan kembali ke perantauan. Para polisi menampilkan salah satu kesenian Cirebon, yaitu tari topeng, di SPBU Tegalkarang, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Ahad (8/5/2022).

Tari topeng tersebut bahkan dibawakan langsung oleh sejumlah polwan Polresta Cirebon. Bak penari profesional, para polisi wanita itu menunjukkan kemampuan tari mereka untuk menghibur para pemudik.

Selain itu, Kasat Samapta Polresta Cirebon, Kompol Tutu Mulyana, juga turut berjoget dengan sejumlah pemudik. Suasana riang dan akrab pun tercipta di antara pemudik dan polisi.

‘’Alhamdulillah jadi terhibur dengan pertunjukan yang ditampilkan Bapak dan Ibu Polisi. Terima kasih banyak, saya dan keluarga tidak merasakan lelah lagi setelah melihat pertunjukan ini,’’ ujar Al Mihan, pemudik asal Pemalang yang akan berangkat kembali ke Serpong, Tangerang.

Dalam kegiatan tersebut, Polresta Cirebon juga memberikan kuliner khas Cirebon seperti nasi jamblang dan empal gentong kepada para pengendara yang sedang beristirahat.

Polresta Cirebon memberikan kuliner khas Cirebon berupa nasi jamblang dan empal gentong. (Dok Humas Polresta Cirebon)
Polresta Cirebon memberikan kuliner khas Cirebon berupa nasi jamblang dan empal gentong. (Dok Humas Polresta Cirebon)

Bahkan, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, Wakapolresta Cirebon, AKBP Teguh Triwantoro, dan Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel, juga turut menemani para pemudik duduk bersama untuk menikmati kelezatan kuliner khas Cirebon.

‘’Saya dari Purworejo, sudah lima tahun mudik melewati Cirebon tapi baru sekarang mencicipi nasi jamblang, rasanya enak sekali. Alhamdulillah, selama perjalanan arus balik juga lancar,’’ ujar Mustaqim (34), yang akan kembali ke Cikampek.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, ditampilkannya kesenian daerah di SPBU Tegalkarang itu dalam rangka mengenalkan kekayaan khazanah nusantara, khususnya Cirebon, kepada masyarakat luas.

Pihaknya sengaja menampilkan tari topeng Cirebon untuk menghibur dan memberikan kenyamanan kepada para pengendara yang beristirahat melepas lelah di SPBU Tegalkarang. Diharapkan, para pemudik dapat melanjutkan perjalanannya dengan fit dan selamat kembali ke perantauan.

‘’Kami juga mengajak untuk mencicipi kuliner khas Cirebon seperti nasi jamblang dan empal gentong. Alhamdulillah, mereka menyukainya karena rasanya memang mantap betul,’’ tutur Arif.

Arif pun mengimbau kepada para pemudik untuk selalu berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. (Lilis Sri Handayani)

Advertisement