Senin 09 May 2022 05:37 WIB

Ilmuwan Temukan Sisa Gigi Replil Laut Terbesar di Dunia

Gigi itu milik spesies Ichthyosaurus raksasa yang langka dan misterius.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Potongan gigi Ichthyosaurus yang ditemukan di pegunungan Alpen.
Foto: Dr Martin Sander/ Dr Heinz Furrer via live sc
Potongan gigi Ichthyosaurus yang ditemukan di pegunungan Alpen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti telah menemukan gigi patah dari salah satu karnivora terbesar di dunia di Pegunungan Alpen, Swiss. Karnivoria terbesar di dunia itu bukan Tyrannosaurus rex dan ini jelas bukan dinosaurus. Gigi itu milik spesies Ichthyosaurus raksasa yang langka dan misterius.

Ichthyosaurus merupakan reptil laut pemakan daging yang berpatroli di lautan dunia sekitar 205 juta tahun yang lalu pada periode Trias. Menurut penelitian baru-baru ini yang diterbitkan pada 28 April di Journal of Vertebrate Paleontology, akar fosil taring ini dua kali lebih lebar dari gigi Ichthyosaurus lain yang diketahui, meskipun separuh mahkota giginya hilang. 

Baca Juga

Menurut penulis penelitian, pemegang rekor sebelumnya untuk gigi terbesar adalah Ichthyosaurus yang panjangnya sekitar 15 meter. Temuan ini menjadikan pemilik gigi yang baru diidentifikasi ini sebagai salah satu hewan terbesar yang pernah tinggal di darat atau laut.

Para peneliti mengatakan tidak mungkin untuk menentukan apakah reptil laut purba itu benar-benar leviathan atau hanya salah satu dari banyak monster laut berukuran serupa yang berkeliaran di laut Trias karena mereka hanya memiliki setengah gigi untuk melanjutkan penelitiannya.

"Sulit untuk mengatakan apakah gigi itu berasal dari Ichthyosaurus besar dengan gigi raksasa atau dari Ichthyosaurus raksasa dengan gigi berukuran rata-rata," kata penulis utama studi P. Martin Sander, dari University of Bonn di Jerman.

Monster dari Dalam

Ichthyosaurus atau "kadal ikan", muncul pada periode Trias tengah (sekitar 252 juta hingga 201 juta tahun yang lalu). Tidak lama setelah bencana Permian akhir menghapus sekitar 95 persen kehidupan di lautan. 

Dalam waktu 5 juta tahun dari kemunculan pertama mereka, Ichthyosaurus telah tumbuh dengan proporsi yang sangat besar dan mendominasi semua lautan di dunia.

Shastasaurus sikanniensis adalah ichthyosaurus terbesar yang diketahui. Hewan ini merupakan monster mirip paus yang tumbuh hingga 69 kaki (21 meter) panjangnya dan mungkin lebih besar.

Menurut para peneliti, banyak ichthyosaurus besar, terutama Shastasaurus tampaknya telah berevolusi menjadi predator puncak tanpa pernah mengembangkan gigi. Hanya satu spesies ichthyosaurus besar yang diketahui memiliki mulut penuh gigi, yaitu Himalayasaurus sepanjang 50 kaki yang ditemukan di Tibet. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement