Senin 09 May 2022 07:35 WIB

'Kebangkitan Sayap Kanan di Eropa tidak Boleh Diremehkan'

Jurnalis Spanyol Miguel Gonzalez berbicara kepada media asing termasuk Anadolu Agency di Madrid - Anadolu Agency

Red: Esthi Maharani
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Kebangkitan kelompok sayap kanan di Eropa tidak boleh diremehkan, ungkap seorang jurnalis dan penulis Spanyol terkemuka, Miguel Gonzalez. Penulis buku yang baru-baru ini tentang partai sayap kanan Vox Spanyol, berbicara kepada media asing termasuk Anadolu Agency di Madrid.

Wartawan Spanyol itu mengatakan, kebijakan imigrasi anti-Muslim adalah pandangan umum sayap kanan di Eropa, dan dia menyerukan pendanaan terhadap partai-partai ini harus diselidiki.

"Vox memiliki ideologi kedaulatan nasional Spanyol... pada dasarnya pandangan fasis," ujar Gonzalez.

Mengacu pada situasi saat ini, dia mengatakan ada korelasi positif antara munculnya kelompok sayap kanan di Negara Basque (Euskadi), sebuah komunitas otonom di Spanyol utara, dan munculnya kecenderungan kelompok separatis di negara itu.

Namun, dia menekankan, basis sayap kanan di Spanyol tidak seluas di Prancis. Gonzalez mengeklaim Partai Rakyat (PP) yang konservatif telah berperan memperkuat Partai Vox.

Menurut Gonzalez, PP selalu menjaga hubungan dengan tendensi dan gerakan sayap kanan di Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement