RES :Array
(
    [page] => 1
    [limit] => 10
    [explicit] => 
    [total] => 1
    [has_more] => 
    [list] => Array
        (
            [0] => Array
                (
                    [id] => x8anjeq
                    [title] => Gejala Hepatitis Akut tidak Khas dengan Gejala Covid-19
                    [owner] => x253sru
                    [duration] => 148
                    [owner.views_total] => 80964721
                    [views_total] => 1116
                )

        )

)
Gejala Hepatitis Akut tidak Seperti Gejala Khas Covid-19

Senin 09 May 2022 11:30 WIB

Rep: Surya Dinata/ Red: Fian Firatmaja

Gejala Hepatitis Akut tidak Seperti Gejala Khas Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyakit hepatitis akut diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini. Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Muzal Kadim mengatakan para peneliti masih belum bisa memastikan apakah kasus Hepatitis Akut berat yang menyerang anak-anak ada keterkaitan dengan gejala Covid-19. Menurutya hal itu masih merupakan dugaan sebab menurutnya kasus Covid-19 belum pernah menimbulkan gejala seperti hepatitis akut yang terjadi saat ini.

Muzal menambahkan gejala yang ditemukan saat ini masuk dalam kategori gejala baru namun bukan merupakan gejala yang khas yang ada pada gejala Covid-19. Muzal menyebut para peneliti masih melakukan investigasi penyebab pasti terhadap gejala hepatitis akut tersebut yang terjadi bersamaan dengan kasus Covid-19.