Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

28 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bupati Tanah Datar Harap Kunjungan Wisatawan Hari Biasa Sama Seperti Libur Lebaran

Senin 09 May 2022 06:28 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Christiyaningsih

Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Bupati Tanah Datar Eka Putra senang karena daerahnya mencatatkan banyak kunjungan wisatawan selama sepekan libur Idulfitri.

Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Bupati Tanah Datar Eka Putra senang karena daerahnya mencatatkan banyak kunjungan wisatawan selama sepekan libur Idulfitri.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Objek wisata paling banyak dikunjungi di Tanah Datar adalah Istano Basa Pagaruyung

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR - Bupati Tanah Datar Eka Putra senang karena daerahnya mencatatkan banyak kunjungan wisatawan selama sepekan libur Idulfitri. Terhitung sejak Senin (2/5/2022) hingga Ahad (8/5/2022) Tanah Datar mencatatkan 131.077 wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di kabupaten berjuluk Luhak Nan Tuo tersebut.

"Kita ingin kunjungan wisata di Tanah Datar ini ramai dikunjungi seperti libur kemarin, tapi tidak pada libur saja, tiap harinya juga seperti itu," kata Eka Putra, Senin (9/5/2022).

Baca Juga

Eka menyebut sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Tanah Datar dalam meningkatkan kunjungan dan pendapatan daerah serta ekonomi masyarakat. Bersama Dinas Pariwisata, pihaknya terus memantau dan mendatangi objek-objek wisata dalam rangka memastikan kenyamanan pengunjung dan kebersihan di lokasi tersebut.

"Data kunjungan sejak 2 Mei hingga 8 Mei 2022, di destinasi unggulan yang dikelola pemerintah daerah sebanyak 131.077 orang yang didominasi wisatawan nusantara (wisnus)," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Tanah Datar Agung Indrianto.

Destinasi wisata unggulan yang dikelola pemerintah daerah di antaranya Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Tanjung Mutiara di Kawasan Danau Singkarak, dan Panorama Puncak Pato. Ada pula Panorama Aua Sarumpun, Panorama Tabek Patah, Rumah Pohon, Aia Angek Padang Ganting, Batu Angkek-angkek, dan Nagari Tuo Pariangan.

Objek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Istano Basa Pagaruyung dengan 59.074 pengunjung. Puncak kunjungan di semua destinasi terjadi pada Kamis (5/5/2022) dengan 20.686 kunjungan. Agung berharap dengan menggeliatnya kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Tanah Datar turut berdampak positif terhadap pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile