Selasa 10 May 2022 00:22 WIB

Tiga Perubahan Gaya Hidup Ini Bisa Kurangi Risiko Kanker Hingga 61 Persen

Tiga perubahan sederhana dalam gaya hidup disinyalir bisa kurangi risiko kanker.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kanker (ilustrasi). Menurut penelitian, kombinasi vitamin D, minyak omega-3, dan olahraga dapat membantu mengurangi risiko kanker.
Foto: PxHere
Kanker (ilustrasi). Menurut penelitian, kombinasi vitamin D, minyak omega-3, dan olahraga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga perubahan sederhana dalam gaya hidup disinyalir bisa mengurangi risiko kanker. Hal tersebut terungkap melalui studi baru yang hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging.

 

Baca Juga

Menurut penelitian itu, kombinasi vitamin D, minyak omega-3, dan olahraga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Tepatnya, mengurangi hingga 61 persen risiko kanker pada orang di atas usia 70 tahun. Artinya, mengubah gaya hidup dengan membiasakan olahraga serta memasukkan nutrisi itu ke menu harian akan sangat bermanfaat.

Penelitian sebelumnya menunjukkan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, konsumsi rutin nutrisi omega-3 berpotensi menghambat mutasi sel normal menjadi sel kanker.

Demikian pula berolahraga yang diakui meluas sebagai aktivitas rekomendasi untuk meningkatkan respons imun dan mengurangi peradangan. Olahraga juga meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi berat badan, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan menjaga kebugaran.

Meskipun ketiga hal tersebut secara terpisah diketahui bermanfaat, hanya ada sedikit bukti riset yang menunjukkan secara pasti manfaat antikanker. Karena itu, para peneliti dalam studi terbaru berinisiatif menggabungkan ketiganya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰٓى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ
(Ingatlah), ketika Allah berfirman, “Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.”

(QS. Ali 'Imran ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement