Selasa 10 May 2022 05:38 WIB

KPK Setor Rp 475 Juta Pidana Denda Terpidana Imam Nahrawi

Gelontoran dana ratusan juta rupiah dari para koruptor itu masuk ke kas negara.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Agus Yulianto
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyetorkan Rp 475 juta pidana denda dari terpidana mantan menteri pemuda dan olahraga, Imam Nahrawi dan kawan-kawan. Gelontoran dana ratusan juta rupiah dari para koruptor itu masuk ke kas negara.

"KPK telah melakukan penyetoran ke kas negara uang sejumlah Rp 475 juta dari pembayaran uang denda beberapa terpidana korupsi," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Jakarta, Senin (9/5).

Ali merinci bahwa Rp 475 juta itu berasal dari cicilan pertama pembayaran uang denda terpidana Imam Nahrawi sebesar Rp 75 juta dari total kewajiban sebesar Rp 400 juta. Selanjutnya, Rp pembayaran denda Rp 100 juta dari terpidana Ardian Iskandar Maddanatja dan Rp 300 juta dari terpidana Jero Wacik.

Ali mengatakan, penagihan kewajiban pembayaran uang denda maupun uang pengganti para terpidana korupsi secara berkelanjutan akan tetap dilakukan oleh Jaksa Eksekutor KPK. Kata dia, hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan aset recovery dari hasil tindak pidana korupsi.

Imam Nahrawi divonis tujuh tahun penjara dan denda Rp 400 juta subsider tiga bulan kurungan. Koruptor perkara suap dana terkait dana hibah KONI itu juga dijatuhkan pidana tambahan berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 18,1 miliar dan pencabutan hak untuk dipilih menempati jabatan publik selama 4 tahun setelah Imam selesai menjalani hukuman pidana pokok.

Sedangkan Ardian Iskandar Maddanatja merupakan terpidana kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19 di Kementerian Sosial (bansos Kemensos) divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 100 juta dengan subsider 4 bulan kurungan penjara.

Sementara Jero Wacik divonis 4 tahun penjara terkait kasus penyalahgunaan dana operasional selama menjabat sebagai menteri kebudayaan dan pariwisata serta menteri ESDM. Mantan menteri di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 150 juta subsider tiga bulan kurungan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ قِيْلَ لَهُمْ كُفُّوْٓا اَيْدِيَكُمْ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۚ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ اِذَا فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَخْشَوْنَ النَّاسَ كَخَشْيَةِ اللّٰهِ اَوْ اَشَدَّ خَشْيَةً ۚ وَقَالُوْا رَبَّنَا لِمَ كَتَبْتَ عَلَيْنَا الْقِتَالَۚ لَوْلَآ اَخَّرْتَنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۗ قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌۚ وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقٰىۗ وَلَا تُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, ”Tahanlah tanganmu (dari berperang), laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.”

(QS. An-Nisa' ayat 77)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement