Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sempat Dituduh Maksa, Dude Harlino Ungkap Alasan Alyssa Berhijab

Senin 09 May 2022 13:12 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Sempat Dituduh Maksa, Dude Harlino Ungkap Alasan Alyssa Berhijab

VIVA – Alyssa Soebandono diketahui memutuskan berhijab tak lama setelah resmi dinikahi Dude Harlino. Keputusannya itu sempat memunculkan spekulasi bahwa Dude Harlino yang menyuruhnya.

 

Dude Harlino memberi tanggapan atas anggapan menyuruh Alyssa Soebandono memakai hijab. Dalam video Youtube dengan Daniel Mananta, dia mengungkapkan alasannya.

“Banyak orang yang mengira gue yang memaksa, wartawan segala macem pas nikah ni Mas Dude yang maksa Icha (sapaan Alyssa Soebandono) ya? Bahkan teman-teman nanya lo maksa Icha ya?” kata Dude Harlino mengutip dari tayangan YouTube Daniel Mananta. 

Namun, keputusan itu datang dari Alyssa Soebandono sendiri. Sebelum menikah, Dude Harlino hanya meminta agar Icha bersama dengan dirinya memiliki bekal ilmu agama dalam membangun rumah tangga. 

“Kisah yang sebenarnya adalah sebelum menikah ketika kita masih syuting gue tidak pernah memaksa Icha untuk memakai jilbab. Tapi yang ada kita sama-sama belajar, gue bilang sama Icha, Icha nanti ketika menikah harus banyak ilmunya, ilmu agama karena Kakak maunya adalah pernikahan ini landasannya agama bukan mau gue, bukan mau lo. Tapi, buat rumah tangga kita,” kata dia lebih lanjut. 

Dude Harlino kemudian mengungkap bahwa sebelum menikah, dia bersama dengan sejumlah teman-teman artis menggelar kajian agama. Saat itu Icha juga mengikutinya, di momen itulah Dude beranggapan yang membuat Icha tergerak hatinya untuk mencoba menggunakan hijab.

 

“Dia baca buku, gue baca buku, dan beberapa pengajian yang kita bikin sama-sama temen-temen, Icha datang, sebelum pernikahan 4 kali sesi kajian bareng dan ada teman-teman yang sudah pakai jilbab saat itu mungkin di situ Icha banyak bertanya, banyak belajar,” kata dia. 

Hingga beberapa hari jelang pernikahan, Icha menelepon Dude dan mengutarakan akan menggunakan hijab di saat pernikahannya. Padahal kala itu, baju pernikahan keduanya telah selesai.  

“Sampai di saat kita bikin baju pernikahan, beberapa hari sebelum menikah Icha nelpon, nanti saat menikah Icha mau pakai kerudung. Wah, baju nikah kita udah jadi. Respons gue adalah ini adalah hadiah yang Allah berikan di pernikahan gue ini, rezeki,” kata dia.

Dude pun mengaku bahwa hingga saat ini dia masih merinding jika menceritakan hal tersebut. “Mungkin dari kepasrahan menunggu, berdoa dan semacamnya, Allah berikan itu di luar bayangan kita,” kata dia.

Dude kala itu juga sempat menasihati Icha untuk bisa istiqomah dengan keputusannya yang memilih berhijab. 

“Saat itu gue bilang ke Icha, ini sepenuhnya Allah yang gerakkan maka harus tetap hatinya atau istiqomah kita berdoa sama-sama kemudian secepat mungkin rubah konsep baju nikahan,” kata Dude.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile