Selasa 10 May 2022 13:45 WIB

Soal Penggantinya di Liverpool Kelak, Klopp: Sepertinya Steven Gerrard

Gerrard punya kemampuan taktikal yang mulai diperhitungkan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Steven Gerrard dan Juergen Klopp bersalaman seusai laga Liverpool kontra Aston Villa di Anfield, Ahad (12/12).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL 
Steven Gerrard dan Juergen Klopp bersalaman seusai laga Liverpool kontra Aston Villa di Anfield, Ahad (12/12).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, kembali menegaskan soal kemungkinan Steven Gerrard untuk menukangi The Reds pada masa mendatang. Bahkan, Klopp tidak menutup kemungkinan soal terkait peluang mantan kapten dan gelandang The Reds itu menjadi suksesornya di kursi pelatih The Reds. 

Gerrard, yang saat ini menukangi Aston Villa, akan memimpin Villa menghadapi bekas klubnya tersebut di Stadion Villa Park dalam laga tunda Liga Primer Inggris, Rabu (11/5/2022) dini hari WIB. Buat pendukung The Reds, Gerrard selalu memiliki tempat istimewa. 

Baca Juga

Dipromosikan dari tim junior Liverpool pada 1998, Gerrard tumbuh dan berkembang menjadi gelandang andalan The Reds. Gerrard memperkuat The Reds selama 17 tahun dan mencatatkan 720 penampilan dan menyumbang 185 gol di semua ajang. Selama periode tersebut, Gerrard memboyong satu trofi juara Liga Champions, dua titel Piala FA, dan tiga gelar juara Piala Liga Inggris. 

Selepas gantung sepatu pada 2016, Gerrard kembali ke Liverpool. Kali ini, mantan gelandang timnas Inggris itu menapaki karier sebagai pelatih, diawali dengan menangani tim Liverpool U-18. Setelah 18 bulan di Liverpool dan bekerjasama dengan Jurgen Klopp, Gerrard mengawali kiprah sebagai pelatih dengan menangani Glasgow Rangers pada 2018 silam. Pelatih berusia 41 tahun itu kemudian berhasil mengantarkan Rangers menjuarai Liga Skotlandia pada tahun lalu. 

Sentuhan Gerrard di Rangers membuat Aston Villa tertarik merekrutnya pada November tahun lalu untuk menggantikan Dean Smith. Gerrard pun seolah tengah meniti jalan untuk bisa menangani Liverpool. Kemungkinan ini dibuka sepenuhnya oleh Klopp. Pelatih asal Jerman itu bahkan menyebut, bukan tidak mungkin, Gerrard akan menjadi suksesornya di kursi pelatih The Reds pada masa mendatang. 

''Saya tidak tahu, tapi kemungkinan sebagai suksesor saya, iya. Tentu saja, sangat mungkin buat Stevie (Gerrard) untuk bisa menjadi pelatih Liverpool suatu saat nanti,'' ujar Klopp seperti dikutip Sports Illustrated, Selasa (10/5/2022). 

Kendati begitu, eks pelatih Borussia Dortmund itu menegaskan tidak memiliki kendali apapun soal peluang buat Gerrard menduduki jabatan sebagai pelatih kepala tim utama The Reds. 

''Itu bukan keputusan yang bisa saya ambil. Ini soal keputusan yang diambil oleh pihak lain, termasuk juga Stevie. Namun, kemungkinan itu akan selalu terbuka,'' kata Klopp, yang sepakat menangani kontrak anyar berdurasi hingga 2026 bersama Liverpool tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement