Selasa 10 May 2022 14:06 WIB

Putus Kebingungan Fans, Ini Strategi Transfer The Gunners pada Musim Panas Tahun Ini

Memori kembali ke tahun 2000 saat Arsenal mendatangkan Sol Campbell secara gratis.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: Republika.
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal menggenggam sedikit keunggulan dalam perebutan peringkat keempat Liga Primer Inggris demi tampil di Liga Champions musim depan. Duduk di peringkat keempat dengan koleksi 66 poin dari 35 laga, The Gunners mengantongi keunggulan empat poin dari rival sekotanya, Tottenham Hotspur, yang duduk di peringkat kelima. 

Sempat terpuruk pada awal musim dan terperosok ke papan bawah klasemen sementara, The Gunners terbukti mampu bangkit. Tim besutan Mikel Arteta itu sukses memetik kemenangan beruntun di empat laga terakhir Liga Primer Inggris. Ini menjadi respons The Gunners usai menelan tiga kekalahan beruntun. 

Baca Juga

Upaya Arteta dan manajemen klub, yang dimotori Direktur Teknik Arsenal, Edu, untuk melakukan perombakan besaran-besaran dan memberikan kepercayaan pada sejumlah pemain muda mulai membuahkan hasil. Arsenal, yang menjadi tim dengan rataan usia pemain termuda di pentas Liga Primer Inggris musim ini, mulai mampu bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. 

Kondisi ini pun tidak terlepas dari strategi transfer pemain The Gunners, yang merekrut pemain-pemain muda. Bahkan, The Gunners berani menggolontorkan dana tidak sedikit demi mendatangkan penggawa muda. 

Ben White dan Aaron Ramsdale, yang tampil apik bersama Brighton dan Sheffield United pada musim lalu, dengan total nilai transfer mencapai lebih dari 80 juta euro. Sejauh ini, dua pemain tersebut dinilai mampu menjadi andalan utama The Gunners dalam membidik posisi empat besar Liga Primer Inggris. 

''Karena itu, strategi transfer pemain Arsenal pada musim panas mendatang kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda, bahkan meningkat ke level yang lebih tinggi,'' tulis laporan Football.London, Selasa (10/5/2022). 

Dengan modal kemampuan bersaing dengan tim-tim papan atas di atas lapangan, termasuk membungkam Chelsea dan Manchester United, Arsenal memiliki peluang untuk membujuk sejumlah pemain bintang di pentas Liga Primer Inggris. Setidaknya ada dua bintang Manchester City, Raheem Sterling dan Gabriel Jesus, disebut-sebut menjadi incaran The Gunners. 

Apabila The Gunners bisa mendapatkan dua itu pemain itu sekaligus, ataupun satu dari dua pemain tersebut, hal itu dapat menunjukan tingkat keseriusan dalam bersaing di papan atas Liga Primer Inggris musim depan. Tidak berhenti sampai disitu, Arsenal juga terus disebut-sebut tengah membidik gelandang Leicester City, Youri Tielemans. 

''Peluang untuk bisa mendapatkan gelandang Belgia itu kian besar apabila Arsenal berhasil finish di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan. Negosiasi antara kedua belah pihak sudah terjadi sejak awal tahun ini,'' lanjut laporan Football London tersebut. 

Strategi Arsenal untuk mendatangkan pemain-pemain bintang dari pesaing-pesaingnya di Liga Primer Inggris tersebut seolah mengingatkan pada geliat The Gunners pada awal milenium ini, termasuk kala mendatangkan Sol Campbell dengan status free transfer pada awal musim 2001/2002. 

Saat itu, Campbell diketahui tengah berada dalam puncak penampilan dan performa terbaiknya. Hasilnya, pada musim debutnya bersama Arsenal, bek tengah asal Inggris itu mempersembahkan titel Liga Primer Inggris buat The Gunners. 

Puncaknya, Campbell menjadi salah satu pilar utama The Gunners kala menorehkan rekor tidak terkalahkan dalam satu musim kompetisi dan merengkuh titel Liga Primer Inggris musim 2003/2004, yang hingga kini tim tersebut kerap disebut ''The Invicibles''.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement