Selasa 10 May 2022 23:34 WIB

Wefie Bersama Dubes Gandi, Presiden Baru Korsel Sampikan Salam ke Jokowi

Yoon Suk-yeol dilantik sebagai Presiden baru Korsel menggantikan Moon Jae-in

Rep: Fergi Nadira Bachruddin/ Red: Partner
.
Foto: network /Fergi Nadira Bachruddin
.

안녕하세요 (Annyeonghaseyo) yeorobundeul...

Pada Selasa (10/5/2022) Yoon Suk-yeol dilantik sebagai presiden baru Korea Selatan (Korsel) pejabat tinggi maupun pekabat senior dari sejumlah negara menghadiri upacara pelantilan di Seoul pagi tadi.

Indonesia diwakili oleh Megawati dan turut menemani Duta Besar (Dubes) RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto serta Gubernur Sulawesi Utara Dondokambey.

Usai pelantilan, Dubes Gandi mendampingi presiden Yoon mengucapkan salam kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui video.

"Presiden Jokowi, saya bersama Presiden Yoon saat ini dan beliau akan menyampaikan salam kepada Bapak Presiden," ujar Dubes Gandi dalam wedienya bersama Yoon.

"Terima kasih atas kehadirannya pada acara pelantilan saya. Saya akan bekerja keras untuk kemajuan Indonesia dan Korea Selatan," kata Presiden Yoon.

"Kamshamnida," tutup Dubes Gandi sambil membungkuk hormat kepada presiden berusia 61 tahun itu.

Dalam pidato pelantikannya, Presiden Yoon berkomitmen untuk melakukan yang terbaik untuk mengangkat Korea menjadi negara yang benar-benar milik rakyat, berpijak pada pilar kebebasan, hak asasi manusia, keadilan, dan solidaritas. Juga negara yang dihormati di seluruh dunia.

Presiden Yoon menekankan pula pentingnya upaya Perdamaian di Kawasan, baik Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut. Sebagai warga dunia, Korsel harus menentang segala upaya yang bertujuan untuk merampas kebebasan, menyalahgunakan hak asasi manusia, atau menghancurkan perdamaian.

"Terima kasih, sesama warga Korea, karena telah menghiasi peristiwa bersejarah ini dengan kehadiran Anda. Saya juga sangat berterima kasih kepada mantan Presiden Moon Jae-in dan Park Geun-hye, Yang Mulia Ibu Diah Permata Megawati Soekarnoputri dan para pejabat yang datang dari luar negeri, untuk merayakan kesempatan ini dan tamu-tamu terhormat lainnya atas kehadiran mereka," demikian Presiden Yoon menutup sambutannya.

Advertisement