Rabu 11 May 2022 08:32 WIB

Booster Kedua Vaksin Covid-19 Terbukti Berikan Kekebalan, Tahan Lebih dari Enam Bulan

Studi temukan 'booster' kedua vaksin Covid-19 hasilkan kekebalan seluler.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Studi temukan 'booster' kedua vaksin Covid-19 hasilkan kekebalan seluler.
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Studi temukan 'booster' kedua vaksin Covid-19 hasilkan kekebalan seluler.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi menemukan dosis keempat vaksin Covid-19 dapat meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh melampaui puncak yang dicapai setelah dosis ketiga. Booster kedua atau dosis keempat dari vaksin Covid-19, saat ini ditawarkan di Inggris kepada mereka yang berusia 75 tahun atau lebih, orang yang tinggal di panti jompo untuk orang tua, dan mereka yang berusia di atas 12 tahun yang mengalami imunosupresi.

Saat ini, para peneliti mengatakan, mereka telah menemukan dosis keempat dapat menyelamatkan respons kekebalan yang telah berkurang sejak tusukan ketiga.

Baca Juga

“Kami telah menunjukkan dosis keempat vaksin Covid 19 dapat menghasilkan dorongan substansial untuk antibodi dan kekebalan seluler ketika Anda memberikannya lebih dari enam bulan setelah dosis ketiga,” jelas Prof Saul Faust, yang memimpin uji coba dan direktur fasilitas penelitian klinis NIHR Southampton seperti dilansir dari laman The Guardian, Rabu (11/5/2022).

Menulis di Lancet Infectious Diseases, para peneliti yang terlibat dalam uji coba Cov-Boost yang berbasis di Inggris melaporkan bagaimana mereka mengukur respons imun pada 166 peserta yang menerima suntikan Covid-19 keempat rata-rata tujuh bulan setelah mendapat suntikan Pfizer/BioNTech sebagai dosis ketiga mereka. Semua peserta awalnya mendapat dua dosis suntikan Pfizer/BioNTech atau dua dosis vaksin Oxford/AstraZeneca.

Setengah secara acak dialokasikan untuk menerima dosis penuh suntikan Pfizer/BioNTech Covid sebagai vaksinasi keempat mereka, sementara yang lain diberi setengah dosis suntikan Moderna. Tidak ada efek samping serius yang terkait vaksin. Tim menganalisis data dari 133 peserta, menemukan bahwa 14 hari setelah menerima suntikan keempat.

Peneliti menemukan adanya peningkatan antibodi 1,6 kali lipat di antara mereka yang menerima vaksin Pfizer/BioNTech, dan peningkatan lebih dari dua kali lipat di antara mereka yang menerima setengah vaksin dosis Moderna dibandingkan 28 hari setelah dosis ketiga, ketika tingkat antibodi masih pada puncaknya. Peningkatan terlihat pada mereka yang berusia di atas dan di bawah 70 tahun. Selain itu, tingkat antibodi dan sel-T meningkat secara substansial antara hari sebelum vaksinasi keempat dan 14 hari setelah kedua jenis suntikan keempat.

“Hasil kami untuk imunogenisitas juga konsisten dengan sedikit bukti pengamatan tentang efektivitas vaksin yang tersedia dari Israel, yang menunjukkan peningkatan perlindungan terhadap infeksi simtomatik dan penyakit parah dari penguat dosis keempat,” tulis tim tersebut.

Faust menambahkan, mereka yang memiliki sedikit penurunan respons kekebalan sebelum dosis keempat hanya memperoleh peningkatan terbatas dalam respons kekebalan mereka sebagai akibat dari booster, dengan temuan serupa untuk orang lain yang memiliki riwayat infeksi Covid baru-baru ini. 

“Itu menunjukkan mungkin ada batas, tingkat antibodi maksimum dengan efek respons sel-T,” ujarnya.

Faust mengatakan, terserah kepada Komite Bersama Inggris untuk Vaksinasi dan Imunisasi untuk memutuskan apakah booster kedua harus ditawarkan secara lebih luas. Beberapa ahli telah menyarankan dalam keadaan saat ini mereka yang belum mencapai usia paruh baya mungkin tidak akan pernah ditawari suntikan Covid lagi .

Namun, Prof Danny Altmann, ahli imunologi di Imperial College London, mengatakan Omicron Studi baru mengungkapkan Covid 19, masih menjadi ancaman serius. Studi baru menunjukkan nilai tambah dari dosis keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement