Rabu 11 May 2022 09:52 WIB

Erick Thohir: Lampung Berpotensi Besar Jadi Sentra Produksi Pangan

Tingkat angkutan logistik saat arus mudik lalu melonjak hingga 116 persen.

Red: Teguh Firmansyah
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri operasi pasar PTPN Group di Provinsi Lampung bersama PTPN Group di halaman Gedung Pertemuan Komplek PTPN VII, Lampung, Selasa (10/5).
Foto: dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri operasi pasar PTPN Group di Provinsi Lampung bersama PTPN Group di halaman Gedung Pertemuan Komplek PTPN VII, Lampung, Selasa (10/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menilai Lampung memiliki potensi besar menjadi sentra produksi bahan pangan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Erick Thohir mengatakan, geliat ekonomi Lampung terus bertumbuh berkat pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tingkat angkutan logistik saat arus mudik lalu melonjak hingga 116 persen dan kendaraan roda empat naik hingga 27 persen.

"Kenaikan 116 persen bukan main-main, artinya Lampung benar-benar menjadi pusat pangan untuk kebutuhan masyarakat di Jawa. Ini yang kita jaga supaya transportasi untuk masyarakat tidak tercampur dengan transportasi truk-truk besar, yang mengakibatkan beban kapal jadi berat dan tidak bagus untuk keselamatan masyarakat," ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Pemerintah sendiri terus mengkaji pemisahan angkutan logistik dan penumpang di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.Erick menilai pemisahan fokus tersebut juga akan mempermudah dan memperlancar arus logistik bagi masyarakat Jawa dan Sumatera.

"Pelabuhan Panjang sedang didiskusikan dan dipelajari kalau nanti truk-truk besar bisa ke sana. Alhamdulillah masyarakat Lampung berkat kepemimpinan Pak Presiden Jokowi dan kepemimpinan daerah, naik ekonominya. ketika bahan pangan jadi pusat produksi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, ini yang kita coba jaga keseimbangannya," kata Menteri BUMN.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan logistik dapat terfokus pada Pelabuhan Panjang dan tidak menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni.Dengan demikian, beban Pelabuhan Bakauheni akan menjadi lebih lapang dan dapat berjalan dengan lebih baik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement