Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Film Superhero Solo Marvel yang Punya Penghasilan Tertinggi

Rabu 11 May 2022 15:35 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Film superhero solo Marvel dengan penghasilan tertinggi. (ilustrasi)

Film superhero solo Marvel dengan penghasilan tertinggi. (ilustrasi)

Foto: MCU.
Masing-masing film superhero solo Marvel mampu memecah box office.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Marvel Cinematic Universe atau (MCU) terus mendominasi box office di seluruh dunia ketika merilis film. Yang terbaru adalah Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang disambut dengan euforia luar biasa.

 

Terlepas dari semua elemen horor, film ini memiliki pembukaan MCU terbaik keempat di seluruh dunia. Karakter Stephen Strange tumbuh secara eksponensial di waralaba itu, tetapi karakter MCU lainnya juga memiliki film solo yang sangat sukses. Film solo mereka, mampu memecah asupan box office masing-masing dengan menghasilkan angka yang menarik. 

Baca Juga

Berikut daftarnya berdasarkan data box office Mojo, seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (11/5/2022):

1. Spider-Man (4 miliar dolar AS atau Rp 58,1 triliun)

photo
Spider-Man: No Way Home (ilustrasi). - (Sony/Marvel)
 

Spider-Man: Homecoming 2017 secara mengejutkan tidak mencapai penghasilan satu miliar dolar AS, dan itu bahkan bukan film Spider-Man terlaris saat itu. Mahkota itu dimiliki oleh Spider-Man: No Way Home. Meskipun Spider-Man: Far From Home juga tidak menghasilkan angka yang begitu tinggi.

Jumlah total seluruh film Spider-Man adalah lebih dari dua film Avengers, dan hampir sebanyak ketiga film Thor digabungkan. Tidak hanya itu, No Way Home dirilis ke bioskop dengan potensi penonton yang masih khawatir untuk mengunjungi tempat-tempat umum, sehingga itu menjadi salah satu kisah sukses terbesar Marvel dan Sony.

2. Captain America (2,238 miliar dolar AS atau Rp 32,5 triliun)

photo
Captain America. - (Marvel/Disney)
 

Film Captain America memiliki salah satu lintasan terbesar dari semua superhero MCU dalam hal pendapatan box office. Film Captain America: The Winter Soldier menghasilkan 350 juta dolar AS (Rp 5,1 triliun) lebih banyak dibandingkan Captain America: The First Avenger, dan Captain America: Civil War menghasilkan 1,15 miliar dolar AS, lebih banyak 400 juta dolar AS (Rp 5,8 triliun) dibandingkan Winter Soldier.

Karakter itu pun semakin populer selama bertahun-tahun, dan karena kesuksesan seri film ini, superhero lain harus berterima kasih padanya. Pendapatan box office Captain America: Civil War yang luar biasa tentu saja dibantu oleh penampilan superhero lainnya, dan itu pada dasarnya adalah Avengers.

3. Iron Man (2,424 miliar dolar AS atau Rp 35,2 triliun)

photo
Iron Man. - (ABC)
 

Meskipun sulit untuk mempercayai bahwa apa pun yang menampilkan Tony Stark tidak akan menghasilkan satu miliar dolar dengan mudah. Tapi nyatanya, Iron Man pertama bukanlah film superhero terlaris pertama atau bahkan kedua pada 2008.

Iron Man berada di tempat ketiga di belakang The Dark Knight dan Hancock yang terlupakan, itulah mengapa lebih mengesankan lagi bahwa Robert Downey Jr membangun warisan seperti itu dengan karakter tersebut.

Iron Man 3 pada 2013 adalah film MCU non-Avengers pertama yang melampaui miliaran dolar. Itu tidak tercapai lagi sampai tiga tahun kemudian diraih oleh Captain America: Civil War, yang tidak secara kebetulan juga banyak menampilkan Iron Man.

4. Thor (1,947 miliar dolar AS atau Rp 28,2 triliun)

photo
Film Thor. - (Marvel/Warner Bros)
 

Seperti Ant-Man, para penggemar menyukai Thor lebih dari kebanyakan karakter lain, tetapi mereka sepertinya tidak pernah menonton dengan film solonya. Dua film Thor pertama cukup sukses, tetapi dalam hal jumlah box office, mereka tidak menyamai film fase satu atau fase dua lainnya.

Namun, rilis Thor: Ragnarok yang disutradarai Taika Waititi bisa membalikkannya. Film ketiga ini mengubah dua film pertamanya yang kusam dan tampak abu-abu, menjadi pengembaraan ruang yang penuh warna dan inventif. Meskipun Thor adalah karakter berpenghasilan terendah, tapi dia menjadi karakter pertama yang mendapatkan film solo keempatnya. Itu mungkin akan mengalahkan Iron Man dan Captain America.

5. Guardians of The Galaxy (1,637 miliar atau Rp 23,7 triliun)

photo
Film Guardians of Galaxy. - (Walt Disney Studios/Marvel Studios)
 

Sulit untuk membayangkan bagaimana Guardians of the Galaxy menghasilkan 770 juta dolar AS (Rp 11,1 triliun). Pada titik ini, penonton memiliki pengetahuan yang jelas bahwa sebagian besar film Marvel ini terikat bersama dan merupakan bagian dari satu alam semesta. Tapi konsep film ini adalah suatu hal yang belum tentu diterima saat itu.

Konsep aneh seperti multiverse adalah terminologi umum sekarang. Dulu, Guardians of the Galaxy menjadi film MCU pertama yang sepenuhnya berada di luar angkasa, penuh dengan alien hijau. Film ini lebih seperti film Star Wars dibandingkan superhero.

Untungnya, risikonya itu terbayar. Kesuksesan box office itu membuat Marvel Studios memiliki keberanian untuk menyelami lebih jauh ke tempat yang di luar nalar. 

 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile