Kamis 12 May 2022 16:47 WIB

Microwave Hacks, Mudahkan Kupas Bawang Hingga Warnai Kain

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan microwave di rumah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan microwave di rumah.
Foto: Pxfuel
Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan microwave di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak makan siang dalam tiga menit hanyalah contoh kecil dari yang bisa dilakukan dengan oven microwave. Fungsi lain seperti mencairkan daging, memanaskan kembali sisa makanan, mengkreasikan pasta lama, dan memanggang kentang adalah beberapa hal yang umum diketahui.

Tetapi tahukah bahwa microwave juga bisa digunakan untuk mewarnai kain, mencairkan make-up, membersihkan spons dapur, atau menyusun kembali sabun batangan?

Baca Juga

Pada tahun 1941, sebatang coklat dibuat meleleh oleh Percy LeBaron Spencer, seorang insinyur otodidak yang sedang menguji komponen radar, menurut Live Science. Sebagai hasil dari permen yang hancur, ia berteori bahwa seseorang dapat memasak makanan menggunakan energi elektromagnetik. 

Dia mengerti bahwa memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh molekul bergetar bisa menjadi alternatif untuk memasak dengan oven konvensional. Dengan ini, Spencer pun memicu revolusi dapur.

Pasar gelombang mikro modern baru-baru ini bernilai lebih dari 42 miliar dolar AS, menurut GlobeNewswire, dilansir dari House Digest, Kamis (12/5/2022). Mengupas bawang sering kali memicu air mata. Mengukus siung bawang putih dalam microwave selama 20 detik ternyata memungkinkan untuk mengupas dan membuang kulitnya dengan mudah. 

Demikian pula, hanya perlu beberapa detik lagi untuk mengupas jagung memakai microwave. Pengguna bahkan tidak perlu khawatir tentang bulu jagung yang mengganggu.

Hal lain yang mungkin tidak terpikirkan dari penggunaan microwave, seperti membuat busa untuk cappuccino atau latte, mengubah daging sapi menjadi dendeng, membuat herbal kering dan bubuk, mengembalikan madu mengkristal dan granul ulang gula merah, menurut Bob Vila.

Menyimpan buah jeruk di oven microwave juga akan melunakkan membran, dan dapat mengekstrak lebih banyak jus. Manfaat kedua, seperti yang dicatat oleh Apartment Therapy, adalah aroma lemon pekat yang dihasilkan akan tercium di seluruh rumah.

Pemanfaatan ragi untuk pembuatan roti bisa memakan waktu lama. Tetapi menggunakan oven microwave, yang diperlukan hanyalah 15 menit untuk mendapatkan adonan sempurna. 

Sejak 1947, oven microwave telah melewati beberapa kegunaan industri yang luar biasa. Bahan-bahan seperti gabis, tembakau, tekstil, dan bunga, semuanya bisa dikeringkan di dalamnya. Beberapa restoran bahkan menggunakan microwave untuk mengupas tiram, menurut Live Science.

Bob Vila merekomendasikan untuk membasahinya terlebih dahulu. Satu sendok makan cuka putih atau jus lemon akan membantu untuk membersihkan dan menghilangkan bau WebMD mengatakan bahwa satu menit microwave akan membunuh bakteri, tetapi segera hentikan jika spons memiliki bantalan scrub logam. 

Toples lilin berlapis dapat dibuat murni dalam microwave. Kikis sisa lilin, diamkan selama 20 detik di dalam oven, lalu bersihkan. Ide kerajinan lain menggunakan oven microwave manfaatkan kit kiln yang aman untuk microwave dan lelehkan kaca untuk membuat perhiasan. Pemilik microwave juga dapat mencairkan maskara kering dan atau lotion.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement