Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pemkab Tangerang Segera Perbaiki Drainase Jalan Cegah Banjir

Kamis 12 May 2022 12:00 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Seorang warga berjalan melintasi banjir di Margasari, Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (11/5/2022). Pemkab Tangerang segera perbaiki drainase jalan guna antisipasi banjir.

Seorang warga berjalan melintasi banjir di Margasari, Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (11/5/2022). Pemkab Tangerang segera perbaiki drainase jalan guna antisipasi banjir.

Foto: ANTARA/Fauzan
Pemkab Tangerang akan segera memperbaiki drainase jalan untuk mencegah banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Banten, segera melaksanakan proyek perbaikan sejumlah saluran drainase jalan sebagai antisipasi terjadinya banjir.

 

"Insya Allah mulai Juli 2022 setelah proses lelang selesai, pelaksanaan perbaikan drainase bisa langsung berjalan di delapan titik lokasi, yang tersebar di ruas jalan Kabupaten Tangerang," kata Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah Effendi di Tangerang, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, ada delapan titik perbaikan drainase jalan yang masuk dalam proyek rehabilitasi pada tahun anggaran 2022 ini di antaranya Kutabaru, Jalan Sindang Jaya, Jalan Rajeg Rajawali, Kutajaya-Kutabumi, Gardu-Tanah Merah, Jayanti-Megu-Cisoka dan Sukabakti-Binong-Curug.

"Nanti pengerjaan perbaikan drainase itu dilakukan secara bertahap," katanya.

Ia menjelaskan normalisasi aliran air ini perlu dilakukan karena terjadi pendangkalan saluran akibat adanya sedimentasi di titik-titik saluran tersebut.

"Perbaikan melalui normalisasi dan pelebaran drainase dilakukan agar mengurangi genangan dan potensi banjir, bahkan menjadi kebutuhan penting untuk merawat jalan agar tidak mudah rusak. Sebab, jika terlalu sering digenangi air, aspal akan mudah mengelupas," jelasnya.

Sementara, dalam persiapan akan mulainya proyek perbaikan atau normalisasi saluran air tersebut, saat ini pihaknya pun memasang rambu peringatan seperti penerangan pada lokasi dan pengaturan kecepatan lalu lintas yang bertujuan untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

"Saya mengimbau untuk masyarakat agar selalu berhati-hati dan tetap waspada dalam beraktivitas di sekitar wilayah drainase," tuturnya.

Ia mengungkapkan sejauh ini DBMSDA Kabupaten Tangerang terus mengupayakan pencarian solusi dalam melakukan percepatan penanganan terjadinya banjir yang sering terjadi di daerah itu.

"Maka, masyarakat dapat bersabar karena penanganan yang kami lakukan bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile