Jelang Pelaksanaan PTM Pascalibur Lebaran, Legislator: Disiplin Prokes

Diharapkan semua pemangku kepentingan pendidikan tetap disiplin protokol kesehatan

Jumat , 13 May 2022, 03:21 WIB
Anggota DPR mengimbau semua pemangku kepentingan pendidikan untuk tetap disiplin dan mendisiplinkan dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes). (ilustrasi)
Foto: Dok Pemkab Tangerang
Anggota DPR mengimbau semua pemangku kepentingan pendidikan untuk tetap disiplin dan mendisiplinkan dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah, menyampaikan sejumlah catatan terkait pelaksanaan pascalibur lebaran. Mengingat Covid-19 belum sepenuhnya hilang, Ledia mengimbau semua pemangku kepentingan pendidikan untuk tetap disiplin dan mendisiplinkan dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

"Perilaku hidup bersih sehat menjadi penting sebagai gerakan massif yang harus disosialisasikan. Sebab itu adalah standar minimal yang harus melekat pada diri org Indonesia," kata Ledia kepada Republika, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga

Dirinya juga mengingatkan agar orang dewasa disekitar anak tidak boleh lalai dengan prokes. Hal tersebut lantaran anak-anak lebih rentan. Selain itu menurut dia pengaturan jam belajar, perjalan ke dan dari sekolah, komunikasi dengan orang tua juga menjadi penting.

"Termasuk juga penugasan-penugasan mata pelajaran sebaiknya terintegrasi lintas mata pelajaran untuk memudahkan proses belajar mengajar," ujarnya.

Politikus PKS itu juga mengimbau agar metode pembelajaran harus mengarah pada efektifitas waktu dan ketercapaian target. Ditambah lagi perlu penguatan mental dan motivasi belajar oleh guru bimbingan konseling.

"Anak memerlukan konsistensi untuk tumbuh kembangnya, namun masa pandemi sulit untuk menerapkan," ucapnya.