Jumat 13 May 2022 13:11 WIB

Kasus Covid-19 Baru di Afsel Lampaui 10 Ribu untuk Pertama Kalinya

Kasus Covid-19 baru di Afsel lampaui 10 ribu untuk pertama kalinya sejak Januari

Rep: Fergi Nadira/ Red: Esthi Maharani
 Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan melaporkan 10.017 kasus baru Covid-19, pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. Terdeteksinya kasus ini adalah yang pertama sejak Januari.
Foto: AP/Jerome Delay
Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan melaporkan 10.017 kasus baru Covid-19, pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. Terdeteksinya kasus ini adalah yang pertama sejak Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG - Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan melaporkan 10.017 kasus baru Covid-19, pada Rabu (11/5/2022) waktu setempat. Terdeteksinya kasus ini adalah yang pertama sejak Januari.

Otoritas kesehatan telah memperingatkan Afrika Selatan mungkin memasuki gelombang kelima infeksi yang didorong oleh sub-varian BA.4 dan BA.5 Omicron. Afrika Selatan telah mencatat kasus dan kematian virus corona terbanyak di benua Afrika.

Negara tersebut pun baru keluar dari gelombang keempat pada Januari. Para ahli telah memperkirakan gelombang kelima bisa dimulai selama bulan-bulan musim dingin di belahan bumi selatan, sekitar Mei atau Juni.

Hanya di bawah 50 persen dari populasi orang dewasa Afrika Selatan yang berjumlah sekitar 40 juta telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Sebanyak 45 persen orang dewasa telah divaksinasi penuh.

Laju vaksinasi di Afrika Selatan memang melambat dalam beberapa bulan terakhir. Para pejabat memperingatkan bahwa suntikan berisiko dibuang. Awalnya kampanye vaksinasi dirundung oleh kesulitan mengamankan persediaan awal tetapi kemudian dipicu oleh keraguan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ الْاِبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ اَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاۤءَ اِذْ وَصّٰىكُمُ اللّٰهُ بِهٰذَاۚ فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا لِّيُضِلَّ النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ
Dan dari unta sepasang dan dari sapi sepasang. Katakanlah, “Apakah yang diharamkan dua yang jantan atau dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Apakah kamu menjadi saksi ketika Allah menetapkan ini bagimu? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah untuk menyesatkan orang-orang tanpa pengetahuan?” Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

(QS. Al-An'am ayat 144)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement