Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur Pengganti Anies Beredar

Jumat 13 May 2022 11:19 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nur Aini

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Foto: Dok Satgas Covid-19
Sosok pengganti Anies diminta yang memahami Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022. Ada tiga nama yang beredar sebagai calon pelaksana jabatan (PJ) atau penjabat gubernur pengganti Anies.

 

Wakil Ketua DPRD DKI, Zita Anjani mengungkapkan sosok pelaksana jabatan (PJ) pengganti Anies harus memahami persoalan Jakarta, meski menjadi kewenangan pemerintah. Menurut dia, kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan pemerintah, semuanya bagus.

Baca Juga

"Pak Heru Budi, bagus, pernah jadi Eksekutif Ibu Kota, tentu paham dengan psikologis Jakarta. Pak Marullah bagus, sekda kita saat ini. Begitupun dengan Pak Juri Ardiantoro, bagus, banyak pengalaman dalam memimpin," ujarnya  Jumat (13/5/2022).

Ketiga nama yang dimaksud Zita tersebut yakni Kepala Sekretriat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah, dan mantan ketua KPU RI Juri Ardiantoro.

Ia mengatakan walaupun soal PJ Gubernur DKI Jakarta, kewenangan penuh ada di tangan Presiden melalui Kemendagri, pemahaman akan persoalan kota Jakarta tetap diperlukan.

"Buat saya yang terpenting (bagi sosok pengganti Anies) adalah pekerja, dan paham seluk beluk Jakarta," katanya.

Menurut Zita, Gubernur Anies sudah pasang standar yang sangat tinggi sebagai pemimpin Jakarta. "Kerja-kerjanya dicintai warga," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, pengganti Anies Baswedan, juga harus orang yang punya jiwa kepemimpinan yang sama. Zita menilai siapapun yang akan ditunjuk jadi PJ Gubernur. Ia berharap semoga bisa merealisasikan rencana pembangunan yang belum terealisasi, dan melanjutkan apa yang sudah berjalan. "Salah satunya, melanjutkan Formula E," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile