Jumat 13 May 2022 19:20 WIB

Cegah Covid-19, China Perketat Perbatasan dan Beijing Jadi Prioritas

Otoritas Beijing membantah lockdown, hanya meminta warga tak pergi ke luar rumah.

Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China memperketat kebijakan keimigrasian dan warga setempat tidak mudah bepergian ke luar negeri untuk urusan yang tidak mendesak guna mencegah meluasnya Covid-19 varian Omicron. Untuk mengonsolidasikan pencegahan Covid-19, Badan Imigrasi Nasional China (NIA) menempatkan Beijing sebagai prioritas dan kebijakan anti-epidemi di Ibu Kota harus diterapkan secara ketat. Demikian NIA dikutip Global Times, Jumat.

Sementara itu, otoritas Beijing membantah akan menerapkan penguncian wilayah (lockdown), namun hanya menyarankan warga untuk tetap tinggal di rumah.

Baca Juga

Warga Ibu Kota juga diwajibkan melakukan tes PCR setiap hari di tempat-tempat yang disediakan atau di kios berbayar.Kewajiban tes PCR yang sudah berlangsung sejak akhir April lalu dan belum diketahui sampai kapan itu berlaku untuk warga yang tinggal di beberapa distrik, yakni Chaoyang, Haidian, dan Fangshan.

"Warga yang tinggal di distrik-distrik itu disarankan bekerja dari rumah mulai Jumat dan tetap tinggal di rumah selama akhir pekan," kata juru bicara Pemerintah Kota Beijing Xu Hejian.

Otoritas juga menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan layanan pesan-antar tidak akan berhenti."Kami tidak tahu apakah kami bisa kembali bekerja pada hari Senin atau tidak," kata Chen Miao, staf perusahaan di Distrik Haaidian, dikutip China Daily.

Sejak 22 April hingga 11 Mei 2022 di Beijing terdapat 928 kasus positif.Di Rumah Sakit Ditan terdapat 113 orang dirawat karena COVID-19 dengan usia 60 hingga 91 tahun.

Seorang pasien berusia 86 tahun kondisinya parah dan seorang lagi kritis.China bersikukuh menerapkan kebijakan nol kasus COVID-19 secara dinamis, meskipun mendapat kritikan tajam dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement