Sabtu 14 May 2022 01:57 WIB

Google Android 13 Beta untuk TV Tambahkan Fitur Keren, Apa Saja?

Beta baru saat ini hanya tersedia untuk pengembang Android.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Android TV. Ilustrasi
Foto: androidheadlines.com
Android TV. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah konferensi I/O 2022, Google diam-diam meluncurkan Android 13 Beta 2 untuk TV yang menghadirkan sejumlah fitur baru. Beta baru saat ini hanya tersedia untuk pengembang Android untuk menguji aplikasi di OS dan memberikan umpan balik. Namun, ada kemungkinan besar, fitur yang tercantum akan masuk ke smart TV.

Tema utama Android 13 Beta baru untuk TV adalah meningkatkan opsi penyesuaian bagi pengguna untuk menyesuaikan cara mereka berinteraksi dengan platform. Fitur baru utama, yaitu gambar di dalam gambar (PiP) yang akan memasang acara ke sisi layar saat Anda menelusuri menu TV pintar Anda.

Baca Juga

Ini bertujuan agar orang yang memiliki TV besar mendapatkan hasil maksimal dari layar mereka untuk meningkatkan multitasking. Tidak diketahui seberapa besar jendela mini, tetapi menurut Android 13 Beta untuk TV 2, pengembang dapat memilih antara rasio aspek 1:2,39 atau 2,39:1.

Ada juga perubahan baru yang datang ke Keyboard Layouts API untuk mendukung tata letak yang berbeda selain standar QWERTY tradisional. Android 13 Beta 2 menyertakan perubahan kinerja pada audio sistem dan antarmuka HDMI, tetapi tidak diketahui bagaimana perubahan itu akan terwujud.

Dikutip Tech Radar, Jumat (13/5/2022), Google merilis Android 13 beta untuk TV dengan cukup cepat. Beta 1 diluncurkan kurang dari sepekan yang lalu pada 6 Mei. Peluncuran Beta hanya untuk pengembang di mana mereka dapat menguji apakah aplikasi mereka kompatibel dengan OS.

Setelah ini, akan ada dua beta lagi dan kemudian rilis resmi Android 13 Beta untuk TV. Beta 3 akan melihat Android 13 Beta untuk TV dalam keadaan yang lebih stabil. Sementara Beta 4 disetel untuk pengujian akhir pada aplikasi dan fitur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement