Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Proses Naturalisasi Jordi dan Sandy Semakin Dekat

Sabtu 14 May 2022 01:44 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Christiyaningsih

Jordi Amat (kanan). Proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, akan segera diselesaikan. Ilustrasi.

Jordi Amat (kanan). Proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, akan segera diselesaikan. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Jordi Amat dan Sandy Walsh akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, berlanjut dengan rencana didatangkannya kedua pemain ke Indonesia untuk menjalani berbagai agenda. Kedua pemain dipastikan akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Jordy Amat akan tiba di Jakarta pada Sabtu (14/5/2022) malam, sementara Sandy Walsh akan mendarat Ahad (15/5/2022) petang.

Selama empat hari terhitung sejak Senin (16/5/2022) keduanya akan menjalani agenda padat terkait proses naturalisasi yang tengah dijalani keduanya, agar bisa segera mendapatkan status warga negara Indonesia. Jordy dan Sandy akan menjalani proses interview di Badan Intelijen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Baca Juga

Salah satu agenda yang tak kalah penting adalah kunjungan keduanya ke perwakilan kedutaan besar negara asal mereka masing-masing. Jordi Amat akan melakukan pertemuan di kedutaan besar Spanyol. Sedangkan Sandy Walsh akan berkunjung ke kedutaan besar Belanda.

"PSSI sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selalu bergandengan bersama-sama membantu proses naturalisasi para pemain. Tentu kedua pemain yang didatangkan ini akan menjalani semua agenda yang telah direncanakan sebagai bagian dari proses administrasi terkait naturalisasi," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (13/5/2022).

Setelah melengkapi dokumen-dokumen pendukung, keduanya diwajibkan untuk datang ke Indonesia dan menjalani beberapa agenda yang sudah dijadwalkan. Jika berjalan mulus, keduanya bisa cepat memperoleh status warga negara Indonesia dan diharapkan bisa memperkuat timnas Indonesia.

Percepatan proses naturalisasi ini menjadi salah satu fokus Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk memperkuat skuat Garuda. Iriawan terus menjaga komunikasi dan koordinasi bersama Kemenpora dan Kemenkumham agar proses ini bisa dirampungkan sesegera mungkin.

Sebelumnya, Mochamad Iriawan sudah mengirimkan salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI bersama staf khusus untuk menemui kedua pemain di negara asalnya. Proses ini dilanjutkan dengan pertemuan secara resmi dengan perwakilan Kemenkumham, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian dan Direktur Tata Negara pada Ditjen AHU Kemenkumham Baroto pada April lalu terkait pembahasan proses naturalisasi ke depannya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile