Sabtu 14 May 2022 20:45 WIB

ASEAN Dorong Konvergensi Digital Paspor Vaksinasi Berlaku Global

ASEAN dorong konvergensi teknologi digital untuk paspor vaksinasi berlaku global

Red: Esthi Maharani
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers disela-sela kegiatan the 15th ASEAN Health Ministers Meeting di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (14/5/2022). Pertemuan Menteri Kesehatan se-ASEAN tersebut membahas sejumlah isu kesehatan seperti standar protokol kesehatan antarnegara ASEAN.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers disela-sela kegiatan the 15th ASEAN Health Ministers Meeting di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (14/5/2022). Pertemuan Menteri Kesehatan se-ASEAN tersebut membahas sejumlah isu kesehatan seperti standar protokol kesehatan antarnegara ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Negara di regional ASEAN berinisiatif mendorong konvergensi teknologi digital untuk paspor vaksinasi berlaku secara global.

"Kita akan mengeluarkan pernyataan bersama (join statemen) mengenai adopsi negara ASEAN terhadap standar protokol kesehatan. Ini sama dengan apa yang akan kita capai di G20," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Sabtu (14/5/2022) sore.

Konvergensi teknologi digital untuk paspor vaksinasi menjadi salah satu agenda pembahasan dalam forum Pertemuan ke-15 Menteri Kesehatan ASEAN (the 15th ASEAN Health Ministers Meeting/AHMM) dengan topik "Mutual Recognition Arrangement on Covid-19 Health Certificates".

Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Menteri Kesehatan ASEAN mengatakan pandemi Covid-19 telah mendorong setiap negara memiliki standar protokol kesehatan yang beragam yang kerap menyulitkan pelaku perjalanan lintas negara. Contohnya berupa standar survailens berbasis teknologi, seperti PeduliLindungi di Indonesia atau Trace Together di Singapura.

"Inisiatif ini supaya aplikasi PeduliLindungi atau Trace Together di Singapura serta negara lainnya itu bisa interkoneksi satu sama lain," katanya.

Dikatakan Budi paspor vaksinasi akan mengadopsi mekanisme paspor perjalanan luar negeri yang digunakan otoritas keimigrasian negara dalam mengenal identitas pelaku perjalanan.

"Sehingga kalau kita ke luar negeri dengan paspor yang bisa dikenal di semua negara, proses imigrasinya juga sama, ke depan kita ingin hal yang sama juga terjadi untuk sektor kesehatan. Sehingga keluar masuk negara menggunakan instrumen yang sama yaitu paspor," katanya.

Menkes Budi mengatakan bisnis travel saat ini butuh sertifikat vaksin dari para pelaku perjalanan untuk memastikan yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan bugar selama beraktivitas. Untuk itu sektor kesehatan di regional ASEAN menggagas paspor vaksinasi berbasis digital sebagai satu standar yang bisa dikenal, diakui dan dipercaya oleh seluruh negara.

"Kalau sekarang zaman lebih modern, kita akan pakai QR code yang sudah ikut standar WHO. bisa pakai aplikasi yang ada di handphone. PeduliLindungi sertifikat vaksinasi sekarang sudah digital dan ada QR code. Sehingga kalau ke Singapura, tinggal scan dan masuk," katanya.

Budi menambahkan konvergensi teknologi digital untuk paspor vaksinasi hingga saat ini telah diterima oleh European Union dan direncanakan berlaku secara global di seluruh negara.

"Mudahan-mudahan inisiatif negara ASEAN ini bisa mengonvergensikan teknologi digital untuk paspor vaksinasi," katanya.*

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَطَّعْنٰهُمُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اَسْبَاطًا اُمَمًاۗ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اِذِ اسْتَسْقٰىهُ قَوْمُهٗٓ اَنِ اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۚ فَانْۢبَجَسَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًاۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْۗ وَظَلَّلْنَا عَلَيْهِمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْهِمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰىۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ
Dan Kami membagi mereka menjadi dua belas suku yang masing-masing berjumlah besar, dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya, “Pukullah batu itu dengan tongkatmu!” Maka memancarlah dari (batu) itu dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing. Dan Kami naungi mereka dengan awan dan Kami turunkan kepada mereka mann dan salwa. (Kami berfirman), “Makanlah yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu.” Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi merekalah yang selalu menzalimi dirinya sendiri.

(QS. Al-A'raf ayat 160)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement