Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Aktivitas Fisik Seperti Ini Bagus untuk Orang yang Rentan Masalah Kejiwaan

Ahad 15 May 2022 01:57 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Jalan kaki (ilustrasi). Penelitian membuktikan, orang yang rentan terhadap masalah kejiwaan tampaknya mendapat manfaat lebih dari aktivitas sederhana, seperti berjalan dan naik turun tangga.

Jalan kaki (ilustrasi). Penelitian membuktikan, orang yang rentan terhadap masalah kejiwaan tampaknya mendapat manfaat lebih dari aktivitas sederhana, seperti berjalan dan naik turun tangga.

Foto: www.piqsels.com
Aktivitas sederhana sehari-hari pun bermanfaat untuk kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa waspada dan penuh energi setelah melakukan aktivitas fisik sederhana memberikan dorongan yang cukup besar untuk kesehatan mental. Artinya, kegiatan harian turut berperan dalam meningkatkan kesehatan mental serta menangkal masalah kesehatan mental.

Penelitian membuktikan, orang yang rentan terhadap masalah kejiwaan tampaknya mendapat manfaat lebih dari aktivitas sederhana, seperti berjalan dan naik turun tangga. Prof Heike Tost, salah satu penulis studi, menyoroti pentingnya hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada 2020 itu.

Baca Juga

Kegiatan harian tersebut juga bisa dilakukan di dalam ruangan selama pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Terlebih, di sejumlah wilayah yang masih menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Pembatasan ketat dalam kehidupan publik dan kontak sosial dapat berdampak buruk pada kesejahteraan. Agar merasa lebih baik, mungkin akan membantu kalau Anda lebih sering menaiki tangga," kata Tost, dikutip dari laman Spring, Ahad (15/5).
 
Kesimpulan diambil setelah peneliti mengamati 67 orang yang aktivitas sehari-harinya dilacak bersama keadaan emosional mereka dari waktu ke waktu. Peserta studi diketahui merasa lebih waspada dan penuh energi setelah melakukan aktivitas sederhana, seperti berjalan menaiki tangga atau berjalan santai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile