Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Daftar Universitas di Jakarta yang Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Ahad 15 May 2022 04:40 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Daftar Universitas

Daftar Universitas

Berikut adalah daftar universitas di Jakarta, dari swasta hingga negeri favorit semua ada! Jadi, sudah menentukan pilihan?

Setelah lulus sekolah, umumnya generasi muda akan dihadapkan dengan babak baru dalam hidup, yakni menuntut ilmu di perguruan tinggi. Berlomba-lomba, para calon mahasiswa mulai berburu memilih perguruan tinggi terbaik, entah itu swasta maupun negeri.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menimba ilmu di perguruan tinggi. Seperti, meningkatkan keterampilan sesuai minat dan bakat, meningkatkan taraf hidup, serta membentuk karaktermu agar lebih siap kerja dan terjun ke tatanan masyarakat. Di bangku kuliah, kamu pun dapat meningkatkan kapasitasmu dengan mengasah diri agar semakin mumpuni.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

Daftar Universitas Swasta di Jakarta

Agar sukses di kemudian hari, kamu perlu menemukan universitas unggulan yang terbaik dalam memperluas wawasan.

Jika kamu tak berhasil masuk universitas negeri yang didirikan oleh pemerintah, tak perlu khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma.

Ibukota memiliki jajaran universitas swasta kompeten yang patut dipertimbangkan. Beberapa di antaranya bahkan berkualitas lebih baik ketimbang perguruan tinggi negeri.

Selain biayanya yang tak jauh beda dengan universitas negeri, lulusan dari universitas swasta pun tak kalah kompeten untuk bersaing di dunia kerja. Untuk itu, mari simak deretan universitas swasta terbaik di Jakarta.

Nomor

Nama Kampus

Skor

1.

Universitas Bina Nusantara (Binus)

2,268

2.

Universitas Trisakti

2,261

3.

Universitas Tarumanagara (UNTAR)

2,166

4.

Universitas Mercu Buana

2,152

5.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

2,125

6.

Universitas Esa Unggul

2,043

7.

Institut Teknologi Indonesia

1,899

8.

Universitas Multimedia Nusantara Jakarta

1,875

9.

Universitas Pancasila

1,802

10.

Universitas Gunadarma

1,753

11.

Universitas Al-Azhar Indonesia

1,709

12.

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

1,708

13.

Universitas Pelita Harapan

1,698

14.

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

1,688

15.

Universitas Yarsi

1,683

16.

Universitas Nasional

1,666

17.

Universitas Muhammadiyah Jakarta

1,659

18.

Universitas Bakrie

1,658

19.

Universitas Budi Luhur

1,657

20.

Universitas Kristen Krida Wacana

1,651

21.

Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas

1,637

22.

Universitas Kristen Indonesia

1,630

23.

Sekolah Tinggi Manajemen PPM

1,577

24.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

1,577

25.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti

1,534

26.

Universitas Prasetiya Mulya

1,463

27.

Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta

1,452

28.

Universitas Indraprasta PGRI

1,452

29.

Sekolah Tinggi Manajemen IPMI

1,451

30.

Universitas Trilogi

1,442

Sumber: www.medcom.id

Daftar Universitas Negeri di Jakarta

Sebagai tambahan pertimbangan, terdapat beberapa universitas negeri yang menduduki peringkat tiga teratas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, yakni:

  1. Universitas Indonesia (UI).
  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
  3. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Top 10 Universitas Pilihan Ibukota

universitas di jakarta

Dua Universitas di Jakarta yang Sering Dijadikan Pilihan

  1. Universitas Indonesia (UI)

    Universitas Indonesia masih berlokasi di sekitar wilayah Jakarta, yakni Depok, Jawa Barat. Telah berdiri sejak zaman kolonial, Webometrics menyebut UI sebagai PTN yang bertengger di #9 terbaik se-Asia Tenggara. 

    Dian Sastrowardoyo, Maia Estianty, Nagita Slavina, Sheila Dara Aisha, hingga Nicholas Saputra ialah deretan nama artis lulusan kampus UI. Tak lupa, UI tercatat telah meraih sejumlah pencapaian institusional dan menyumbang serangkaian penemuan inovatif oleh peneliti dari lingkup kampusnya.

  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

    Berdiri sejak tahun 1964, UNJ sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta. Adapun kampusnya beralamat di Jl. R. Mangun Muka Raya no. 11 RT 11/ RW 14, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, 13220.

    Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, diperlukan uang kuliah tunggal (UKT) mulai dari Rp500.000 s/d Rp10.300.000 untuk kuliah di UNJ. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberi status UNJ terakreditasi Unggul (A). Sedangkan menurut 4ICU, UNJ berada di peringkat #61 universitas terbaik di Indonesia, dan #189 di Asia Tenggara (versi Webometrics).

  3. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah

    UIN Syarif Hidayatullah merupakan universitas riset yang mengedepankan kemampuan penelitian sebagai kualifikasi utama di setiap performa akademis dan kinerja ilmiahnya. Berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, kampus yang satu ini menghasilkan banyak temuan baru dalam berbagai disiplin ilmu.

    Terakreditasi A, UIN Syarif Hidayatullah yang sering dijuluki UIN Syahid ini mempunyai lebih dari 10 fakultas. Di antaranya ialah Fakultas Ilmu Adab dan Humaniora, Psikologi, Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, dan lainnya.

  4. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta

    UPN Veteran Jakarta telah berdiri sejak 21 Februari 1967 dengan motto berbunyi “Widya Mwat Yasa”. Maknanya ialah “menuntut ilmu guna diabdikan untuk pembangunan bangsa dan negara.”

    Kampusnya sendiri berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Menduduki #94 di Indonesia versi UniRank, UPN Veteran Jakarta juga mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

    Saat ini, UPN Veteran Jakarta mempunyai sekitar tujuh fakultas, seperti Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan, Ilmu Hukum, Ekonomi, dan lainnya.

  5. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

    Dibangun pada tahun 1982, kampus terakreditasi B ini terletak di Kukusan, Beji, Depok. PNJ menyandang motto “to be an excellent polytechnic at international level to support the competitiveness of the nation.”

    Di kampus tersebut, calon mahasiswa dapat memilih jurusan seperti Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Akuntansi, Teknik Grafika dan Penerbitan, Administrasi Niaga, dsb. Sejauh ini, mahasiswa dan mahasiswi unggulan PNJ telah meraih berbagai prestasi di beragam bidang.

  6. Universitas Bina Nusantara (Binus)

    Dinaungi oleh lembaga pendidikan Bina Nusantara, universitas ini didirikan sejak 1 Juli 1981. Digadang-gadang, Binus merupakan salah satu kampus swasta termahal dengan kisaran Rp18.000.000 -Rp25.000.000 sesuai prodi pada semester pertama (tahun ajaran 2022-2023).

    Sejumlah public figure diketahui menuntut ilmu kampus populer ini. Di antaranya seperti Aurel Hermansyah, Azriel Hermansyah, Raisa Andriana, Karin Novilda, William Tanuwijaya, Kevin Osmond, dan masih banyak lagi.

    Memasuki tahun 2016, Binus meraih akreditasi A sebagai sebuah institusi. Demikian juga untuk akreditasi jurusan dan program studinya, rata-rata telah mencapai nilai A. Adapun untuk pembelajaran jarak jauh, Binus mendapat akreditasi C.

  7. Universitas Trisakti

    Universitas Trisakti yang berakreditasi A ini berlokasi di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sejumlah politisi penting RI seperti Wanda Hamidah, Yenny Wahid, dan Setya Novanto merupakan alumni dari kampus prestisius tersebut.

    Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menempatkan Universitas Trisakti di urutan ke-27 sebagai kampus swasta terbaik, dan #12 pada klaster 2 berdasarkan kinerja perguruan tinggi akademik di Indonesia.

    Fakultas Kedokteran Trisakti disebut sebagai salah satu jurusan ilmu yang paling digandrungi. Sementara untuk kuliah di Trisakti hingga lulus, diperlukan setidaknya Rp131.000.000 - Rp606.000.000.

  8. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

    Universitas Tarumanagara atau disingkat UNTAR ialah perguruan tinggi swasta paling tua ibukota. Didirikan oleh Kwee Hwat Djien pada tahun 1959, nama kampus tersebut berasal dari kerajaan Tarumanagara. 

    Mulai dari Mona Ratuliu, Taufik Hidayat, Tina Toon, Edric Tjandra, Billy Davidson, Tsania Marwa, hingga Jessica Veranda ialah selebritas lulusan UNTAR. Dalam 4ICU Indonesian University Rankings 202, UNTAR menempati posisi ke-110. Sementara menurut QS Top Universities, UNTAR menduduki posisi 601 kategori Asian University Rankings

  9. Universitas Mercu Buana

    Meraih akreditasi A, Universitas Mercu Buana telah berdiri sejak Oktober 1985. Adapun kampus utamanya berlokasi di Meruya, Jakarta Barat. Dari data Webometrics 2021, Universitas Mercu Buana berhasil meraih peringkat ke-3654 di dunia.

    Sementara itu, universitas ini meraih posisi ke-33 kampus swasta terbaik secara umum, dan #18 pada klaster 2, berdasarkan rilisan Kemendikbudristek RI. Aktris cantik Putri Marino, pemeran Kinan dalam Layangan Putus, ialah lulusan kampus terkenal ini. Demikian juga Lesti Kejora, Omar Daniel, dan Achmad Megantara.

  10. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

    Berada di pusat kota dan dekat dengan mall, kampus keren ini telah berdiri sejak Juni 1960. Tepatnya, Unika Atma Jaya beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 51, RT 5/ RW 4, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12930.

    Unika Atma Jaya juga termasuk salah satu kampus yang bekerja sama dengan Kemdikbudristek dalam program beasiswa KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dari pemerintah. Ariel Tatum, Dion Wiyoko, Deddy Corbuzier, Desy Ratnasari, Laura Basuki, hingga Jeremy Thomas adalah para selebritas jebolan Unika Atma Jaya.

Baca Juga: Tips Mudah Adaptasi di Universitas untuk Mahasiswa Baru

Mencetak Generasi Penerus yang Unggul

Kampus tempatmu menimba ilmu dapat menjadi salah satu faktor penentu kesuksesanmu. Karena kampus terbaik memiliki para pendidik yang kompeten dan berkualitas. Sehingga kamu pun dapat menerima pendidikan terbaik yang diselenggarakan oleh mereka. 

Oleh sebab itu, pilihlah universitas terbaik untuk mengajarmu dan mewujudkan cita-cita. Dengan menimba ilmu di universitas pilihan, diharapkan generasi penerus dapat mengemban perannya sebagai mahasiswa dengan amanah, menjadi SDM unggul, serta kelak dapat menjalankan fungsinya secara optimal dalam tatanan sosial.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Raih Beasiswa di Universitas Luar/Dalam Negeri

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile