Ahad 15 May 2022 22:45 WIB

Setelah 17 Tahun, Pordasi DKI Jakarta Akhirnya Miliki Kantor Sendiri

Pordasi DKI juga merancang program unggulan Studi Genetika kuda pacu indonesia.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kedua kanan) meresmikan berdirinya Kantor Pordasi DKI Jakarta, di Pulomas, Jakarta, Ahad (15/5/2022).
Foto: Dok. Pord
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kedua kanan) meresmikan berdirinya Kantor Pordasi DKI Jakarta, di Pulomas, Jakarta, Ahad (15/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta, Aryo Djojohadikusumo menepati komitmen dan keseriusannya dalam mengembangkan olahraga berkuda di tanah air. Itu terpapar dalam kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) terkait penelitian trah kuda Indonesia yang ditandatangani di kantor baru Pengurus Pordasi DKI Jakarta di Kawasan Pulomas, Jakarta, Ahad (15/5/2022) siang. 

Penandatanganan kerjasama dengan IPB itu dilakukan Aryo Djojohadikusumo selaku Ketua Pordasi DKI dan pihak Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebagai perwakilan dari PP Pordasi, Aryo Djojohadikusumo bersama Pordasi DKI pun membuat program unggulan dengan tujuan mencetak prestasi nasional dan internasional cabang olahraga berkuda ini.  

Baca Juga

“Program unggulan itu adalah Studi Genetika kuda pacu indonesia. Ini tentu akan menjadi pilot project penelitian menyangkut trah kuda asli Indonesia yang dapat bersaing dalam kegiatan olahraga berkuda, khususnya olahraga berkuda pacu dan berkuda memanah,” kata Aryo Djojohadikusumo dalam sambutannya. 

Tak hanya itu, kerjasama yang dijalin dengan IPB juga meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penerapan inovasi dan juga kerja sama lainnya yang terkait dengan peternakan dan kesehatan kuda.  

“Melalui kerjasama ini, kami berharap penelitian ini dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kuda-kuda trah asli Indonesia agar kuda tersebut dapat dikembangkan menjadi kuda-kuda yang mampu bersaing dengan kuda-kuda impor. Sangat jelas tujuan kerja sama ini demi memajukan olahraga berkuda di Indonesia dan yang paling utama agar mampu meningkatkan prestasi atlet berkuda Indonesia,” tambah Aryo.   

Kerjasama dengan berbagai pihak demi memajukan olahraga berkuda di Jakarta dan Indonesia merupakan bagian dari janji Aryo sejak resmi memimpin Pordasi DKI Jakarta pada November 2021 lalu, menggantikan Almarhum Alex Asmasoebrata. 

Putra pengusaha yang juga salah satu pendiri Jakarta Polo and Equestrian Club (JPEC), Hashim Djojohadikusumo, ketika itu pun menjanjikan mendirikan kantor baru agar pengurus Pordasi DKI Jakarta punya tempat yang nyaman untuk bekerja.  

“Dengan kantor yang lebih nyaman, mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan dan memaksimalkan kinerja semua pengurus Pordasi DKI Jakarta dalam memajukan olahraga berkuda di Jakarta dan Indonesia tentunya,’’ kata Aryo.

Penanda tanganan kerjasama dengan IPB dilakukan bersamaan dengan syukuran kantor baru Pordasi DKI Jakarta di Gedung Tribune Jakarta International Park Pulomas, Pulo Gadung, Jakarta. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Kadispora Achmad Firdaus, Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, dan juga perwakilan dari IPB. 

Wagub Ahmad Riza Patria pun mengapresiasi usaha dan kerja keras Pordasi DKI menghadirkan program baru demi meningkatkan prestasi atlet nasional. “Harapan terbesar kami tak hanya bisa menang di PON, tapi juga di kancah internasional,” ujar Ahmad Riza Patria, hadir mewakili Gubernur DKI Anies Baswedan yang saat bersamaan tengah berada di London, Inggris.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano yang saat ini bersama kontingen SEA Games Indonesia berada di Hanoi Vietnam juga menitipkan sejumlah pesan yang disampaikan langsung oleh Ketua Harian PP Pordasi, Augustinus Iwan Liesaputra yang juga Wakil Ketua II Pordasi DKI Jakarta. 

“Selamat kepada Pordasi DKI yang sudah memiliki kantor baru, semoga bisa bekerja lebih amanah demi mencetak prestasi nasional dan internasional,” seperti dibacakan Ketua Harian PP Pordasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement