Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

4 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Situasi Perang Uraina-Rusia Pada Hari ke-81

Senin 16 May 2022 02:24 WIB

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Muhammad Subarkah
Para diplomat tinggi NATO bertemu di Berlin untuk membahas pemberian dukungan lebih lanjut ke Ukraina.

Ledakan di Pabrik Besi dan Baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina [File: Alexander Ermochenko/Reuters]
Ledakan di Pabrik Besi dan Baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina [File: Alexander Ermochenko/Reuters]

Situasi Perang

“Rusia sekarang kemungkinan menderita kerugian sepertiga dari kekuatan tempur darat yang dilakukan pada Februari,” kata kementerian pertahanan Inggris.

Intelijen militer Inggris mengatakan serangan Rusia di Donbas “telah kehilangan momentum dan jauh di belakang jadwal” dengan percepatan dramatis yang tidak mungkin terjadi selama 30 hari ke depan.

Empat serangan rudal menghantam infrastruktur militer di Yavoriv di Ukraina barat dekat perbatasan Polandia, kata Gubernur wilayah Lviv Maxim Kozitsky.

Rusia, yang menolak klaim Ukraina telah membakar kapal logistik angkatan laut modern di Laut Hitam, menunjukkan foto-foto Vsevolod Bobrov tanpa tanda-tanda kerusakan.

Pengungsi dari Mariupol yang dibom berbicara tentang kehancuran ketika mereka mencapai Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina dalam konvoi besar kendaraan setelah menunggu berhari-hari agar pasukan Rusia membiarkan mereka pergi.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menyerang pos komando Ukraina, depot amunisi, dan peralatan militer lainnya di beberapa wilayah, termasuk Donbas, menewaskan sedikitnya 100 "nasionalis" Ukraina.

Diplomasi

Para diplomat tinggi NATO bertemu di Berlin untuk membahas pemberian dukungan lebih lanjut ke Ukraina.

Para menteri luar negeri G7 berjanji untuk memperkuat isolasi ekonomi dan politik Rusia, terus memasok senjata ke Ukraina, dan bekerja untuk mengurangi kekurangan pangan global yang berasal dari perang.

Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov, mengatakan diplomat negara itu di Washington diancam dengan kekerasan.

Jerman telah mengambil semua persiapan untuk proses ratifikasi cepat jika Finlandia dan Swedia memutuskan untuk mengajukan keanggotaan NATO, kata Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock.

Senat AS Pemimpin minoritas Partai Republik Mitch McConnell dan delegasi senator GOP bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv dan menyatakan solidaritas mereka untuk Ukraina.Peta INTERAKTIF Rusia-Ukraina Siapa yang mengendalikan apa di Donbas HARI 81

NATO

Wakil Sekretaris Jenderal NATO Mircea Geoana menyatakan keyakinannya bahwa kekhawatiran Turki atas Finlandia dan Swedia yang bergabung dengan NATO dapat diatasi, setelah Ankara mengatakan tidak menutup pintu untuk masuknya mereka.

Menteri luar negeri Kroasia mengatakan pembicaraan antara Turki, Finlandia dan Swedia berada di jalur yang benar.

Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia siap untuk mendukung bergabung dengan NATO, membuka jalan bagi aplikasi segera setelah itu dan meninggalkan dekade non-blok militer.

Geoana mengatakan kemajuan militer Rusia di Ukraina tampaknya goyah dan dia menyatakan harapan bahwa Kyiv dapat memenangkan perang.

Ukraina memenangkan Kontes Lagu Eurovision menunjukkan dukungan publik yang sangat besar bagi negara itu dalam pertempurannya melawan Rusia, kata Geoana.

sumber: https://www.aljazeera.com/news/2022/5/15/russia-ukraine-war-list-of-key-events-day-81

sumber : https://algebra.republika.co.id/posts/135613/situasi-perang-uraina-rusia-pada-hari-ke-81
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile