Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

30 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Temui CEO Bloomberg, Anies Jelaskan Target DKI Soal Kendaraan Listrik

Senin 16 May 2022 03:41 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan diwawancara Pemred Bloomberg New Energy Finance Ben Vickers. Dalam pertemuan itu, Anies mengupayakan kerjasama pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik secara menyeluruh pada 2030.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan diwawancara Pemred Bloomberg New Energy Finance Ben Vickers. Dalam pertemuan itu, Anies mengupayakan kerjasama pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik secara menyeluruh pada 2030.

Foto: @aniesbaswedan
Anies targetkan kerja sama operasi kendaraan umum listrik menyeluruh di 2030

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, baru saja menemui CEO of Bloomberg New Energy Finance (Bloomberg NEF), John Moore di Bloomberg European Headquarters, London. Dalam pertemuan itu, Anies mengupayakan kerjasama pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik secara menyeluruh pada 2030.

Anies, juga menyampaikan target Kota Jakarta mencapai net zero emissions pada tahun 2050, khususnya melalui kebijakan sustainable mobility. "Kebijakan sustainable tersebut melalui pengembangan pedestrian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multimoda, target elektrifikasi 50 persen armada Transjakarta pada tahun 2025, dan elektrifikasi seluruh armada Transjakarta pada tahun 2030, dan kebijakan terkait lainnya," ujar Anies dalam keterangannya yang diterima Republika di Jakarta, Senin (16/5).

Baca Juga

Dijelaskan dia, Bloomberg NEF sebagai penyedia penelitian strategis, dinilai dapat membantu mengarahkan investasi dan menghasilkan ide-ide yang dapat membantu mempercepat transisi tersebut di Jakarta. Termasuk, Indonesia pada umumnya.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta melalui PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF). Penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Anies ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), M. Yana Aditya; dengan Global Head of Client Relations at Bloomberg NEF, Benji Kafri; dan disaksikan CEO Bloomberg Finance, John Moore dan Head of Social Science Division Transport Studies Unit (TSU) Oxford, Professor Timothy J Power secara terpisah.

“Kerja sama dengan BNEF dilakukan untuk mengelola data dan riset dalam mendukung adaptasi transisi energi dalam bentuk bus listrik,” kata Yana saat di lokasi.

Menurut Yana, kerja sama tersebut juga akan menjadi salah satu upaya untuk mendorong transisi menuju ekonomi rendah karbon dan target capaian net zero emission yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Salah satunya melalui elektrifikasi bus Transjakarta.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile