Senin 16 May 2022 13:08 WIB

Ridwan Kamil Terus Berupaya Ratakan Pelayanan Kesehatan di Jabar

Pascapandemi Pemprov Jabar meningkatkan akses pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar Halal Bihalal Lebaran 2022 secara daring bersama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, akhir pekan ini. Pada acara tersebut, Ridwan Kamil mengatakan, pascapandemi Pemprov Jabar akan meningkatkan akses pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Yakni, mulai dari percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan seperti membangun puluhan rumah sakit, maupun puskesmas baru di Jawa Barat. 

"Pascapandemi kita akan membangun puluhan rumah sakit dan ribuan puskesmas baru supaya suatu hari nanti ketika diuji lagi oleh kehidupan, ada pandemi, kita sudah mempersiapkan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Baca Juga

Emil mengatakan, dengan dibangunnya infrastruktur kesehatan, maka juga akan menyerap banyak sekali tenaga kesehatan, khususnya keperawatan. "Nah, dengan kehadiran puluhan rumah sakit dan ribuan puskesmas baru, tentu mayoritas akan digerakan oleh perawat. Banyak dibutuhkan profesi perawat, yang tentunya akan menjadi benteng kekuatan infrastruktur kesehatan di Jawa Barat," kayanya. 

Terakhir Emil menitipkan agar organisasi PPNI selalu menjaga kekompakan dan lebih terkoordinasi mengingat pengalaman pandemi tahun 2020, tenaga kesehatan di Jawa Barat belum maksimal. "Saya titip agar organisasi (PPNI) selalu kompak, satu komando. Pengalaman  pandemi 2020 belum maksimal karena belum satu kamando," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement