Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

1 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pengunjung Ancol Capai 38 Ribu Orang Ketika Libur Waisak

Senin 16 May 2022 10:28 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pengunjung memadati kawasan Pantai Ancol di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Pengunjung memadati kawasan Pantai Ancol di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Foto: Prayogi/Republika.
Lonjakan terjadi setiap siang hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengunjung Taman Impian Jaya Ancolsaat Festival Raya Gembira 2022 atau bertepatan libur Hari Raya Waisakmencapai 38 ribh orang. Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugrohodi Jakarta, Senin (16/6/2022), menjelaskan, pengunjung hari ini taksebanyak Ahad (15/5/2022), kendati masih ada rangkaian acara Festival Raya Gembira seperti pertunjukan musik (live music) dan festival kuliner.

"Alhamdulillah, hari ini per jam 3 sore, ada 38 ribu pengunjung. Semalam (15 Mei) lebih ramai, terjual habis 1.500 tiket (Festival Musik di Pantai Festival Ancol), sama seperti pas tanggal 7 Mei," katanya.

Baca Juga

Sementara, lanjutnya, jika total kunjungan pada Ahad (15/5/2022) sebanyak 50 ribu orang dan tersebar di seluruh unit rekreasi Ancol. Eko menjelaskan, jika diambil rata-rata pengunjung selama libur panjang tiga hari terakhir maka rata-rata kunjungan sekitar 39.333 pengunjung per hari.

Tapi jika data pengunjung saat Lebaran dimasukkan, maka nilai rata-rata pengunjung Ancol tersebut bisa lebih tinggi lagi. "Jadi pengunjung 'long weekend' kali ini belum setinggi waktu Lebaran hari ketiga sampai hari kelima kemarin," kata Eko.

Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol dapat menikmati ragam makanan di deretan stan penjual makanan (food stand) di kawasan Pantai Festival Ancol sembari menikmati lantunan musik sebagai bagian acara yang diadakan oleh Ancol bertajuk Festival Raya Gembira tersebut. Tempat-tempat menarik antara lain tersebar mulai dari kawasan Symphony of The Sea di area timur Ancol, di Pasar Seni Ancol dan Pantai Festival.

Eko menambahkan, biasanya dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB adalah waktu puncak karena jumlah pengunjung Ancol di pintu gerbang saat itu dapat mencapai titik tertinggi.

Setelah itu, perlahan-lahan pengunjung mulai bisa stabil kembali. Pada Lebaran tahun ini pemerintah memberikan pelonggaran terkait aturan PPKM, namun Manajemen Ancol tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kuota kunjungan masih mengikuti peraturan yaitu dibatasi pada 75 persen dari kapasitas maksimal. Tiket masuk Ancol hanya bisa dibeli secara daring dan maksimal H-1 sebelum kunjungan.

Kepada pengunjung diimbau untuk memiliki aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel masing-masing karena di Pintu Gerbang Ancol, petugas akan mewajibkan pengunjung memindai (scan) kode batang (barcode) yang tersedia dengan aplikasi tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile