Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

12 Cara Hilangkan Batuk dalam Lima Menit

Senin 16 May 2022 12:39 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Batuk bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya.

Batuk bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya.

Foto: Flickr
Batuk bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batuk bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya. Profesor madya di Rush University Medical Center, Michael Hanak, menyarankan 12 cara berikut untuk menangkal batuk hanya dalam lima menit, dikutip dari laman Prevention, Senin (16/5/2022).

 

Baca Juga

1. Kumur air garam

Cara cepat dan sederhana untuk meringankan batuk adalah dengan berkumur air garam. Studi pada 2019 membuktikan kebiasaan itu dapat membantu mengurangi durasi batuk. Kumur air garam juga membunuh bakteri, menekan jumlah lendir, dan mengurangi rasa sakit.

 

2. Minum teh jahe 

Teh jahe terkenal manjur menenangkan gangguan perut, tapi juga bisa bekerja meredakan batuk. Jahe telah terbukti membantu mengurangi batuk dan sakit tenggorokan, selain mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bermanfaat dalam mengobati berbagai kondisi.

 

3. Ubah menu makanan

Pengidap batuk kronis sebaiknya membuat perubahan menu harian. Disarankan menghindari jeruk, cokelat, makanan tinggi lemak, bawang, dan produk makanan berbasis tomat. Sebagai gantinya, konsumsi makanan tinggi serat seperti nasi merah, seledri, dan selada.

 

4. Tambahkan madu ke minuman

Madu sangat membantu dalam meredakan batuk, baik dengan konsumsi langsung maupun dicampurkan dalam secangkir teh atau segelas air hangat. Khasiat lain dari madu yakni dapat mengurangi rasa sakit dan membantu melawan infeksi virus.

 

5. Mandi air panas 

Mandi air panas dapat meredakan gejala flu yang umum seperti hidung tersumbat, batuk, dan tekanan sinus. Itu berkat kelembapan dari uap air panas, yang bagus untuk membuka sinus dan mengurangi lendir. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasang humidifier.

 

6. Tetap terhidrasi

Minum cukup air sangat penting dilakukan setiap hari. Kondisi ini pun perlu lebih diutamakan ketika seseorang sedang batuk. Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu mengurangi lendir di belakang tenggorokan, yang dapat menyebabkan penyembuhan batuk lebih cepat.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile