Senin 16 May 2022 21:26 WIB

Foto Umbar Aurat Terlanjur Tersebar di Medsos, Bagaimana Sikap dan Tobatnya Muslimah?

Allah SWT membuka pintu tobat untuk Muslimah yang pernah umbar aurat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah. Allah SWT membuka pintu tobat untuk Muslimah yang pernah umbar aurat
Foto: Pixabay
Ilustrasi Muslimah. Allah SWT membuka pintu tobat untuk Muslimah yang pernah umbar aurat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagian Muslimah mungkin pernah mengumbar auratnya lalu dipajang di media sosial sebelum masa-masa dia berhijrah, misalnya. Bagaimana dengan sudah terlanjurnya foto-foto yang terlanjur terpajang tersebut? 

Ketua Umum Al Washliyah, KH Masyhuril Khamis, menjelaskan setiap manusia masih selalu diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri sebelum ajal menjemput. Dan pertobatan nasuha akan menghapus seluruh dosa kita yang telah lalu.  

Baca Juga

"Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan bahwa seseorang yang mau bertobat kepada Allah SWT, pasti akan diterima dan Allah SWT tidak peduli sebesar apapun dosa-dosa kita,"ujar dia kepada Republika.co.id, Senin (16/5/2022). 

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman:  

قَالَ اللَّهُ يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِى وَرَجَوْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِى بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِى لاَ تُشْرِكُ بِى شَيْئًا لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR Tirmidzi no 3540)

Ulama mengatakan syarat tobat ada tiga, Pertama, berhenti dari maksiat tersebut. Kedua, menyesali kesalahan tersebut. Ketiga, berkomitmen tidak akan mengulanginya. 

Jika ketiga syarat ini terpenuhi, maka tobatnya sah disebut tobat nasuha. namun jika salah satu dari tiga syarat tidak terpenuhi, maka pertobatan itu tidak akan menghapus dosa-dosa yang lalu.

Selanjutnya, dosa yang dia lakukan ada hubungannya dengan orang lain, maka ada satu tambahan, yaitu memperbaiki masalah yang timbul karena dosa kita. 

Jika dosanya mengambil harta, maka kembalikan, jika dosanya adalah menghibah, maka memohon maaf, jika dosanya adalah menyebarkan foto yang terbuka auratnya, maka hapuslah dan perbaiki semampunya. Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 89: 

إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ وَأَصْلَحُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Kecuali orang-orang yang bertobat setelah itu, dan melakukan perbaikan, maka sungguh, Allah Mahapengampun, Mahapenyayang.” 

"Namun jika syarat nomor empat ini tidak bisa dilakukan secara sempurna, karena keterbatasan kemampuan setelah berusaha semampu kita, maka Insya Allah, Allah SWT telah melihat usaha kita dan semoga diterima pertobatan kita. Sebagaimana Allah SWT memerintahkan kita untuk bertakwa semampu kita," jelas dia. 

Pertobatan serta perbaikan atas kesalahan yang telah lalu memang menjadi syarat diterimanya tobat. namun semua itu dibebankan kepada kita hanya sebatas kemampuan kita saja. Di luar itu maka Allah SWT tidak akan menghisab kita di luar kemampuan. 

Jadi kesimpulannya semua perbuatan kita masa lalu yang kita sadari kurang baik tentunya kita bertaubat, termasuk mengunggah foto-foto tanpa hijab, karenanya diupayakan untuk menghapusnya sedaya mampunya.  

"Kesungguhan untuk bertobat menjadi catatan baik mendapatkan ampunan Nya. Insya Allah pintu tobat tetap di buka sebelum ajal tiba, namun perlu diingat, ajal kita tdk menunggu tobat kita," ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement