Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

28 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

H-1 Menjelang UTBK-SBMPTN 2022, Apa yang Harus Dilakukan ?

Senin 16 May 2022 15:21 WIB

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Kampus Republika
Peserta UTBK-SBMPTN 2022 harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat ujian.

UTBK-SBMPTN 2022 membutuhkan persiapan, tidak hanya belajar tapi hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian. Ilustasi. Foto : ltmpt
UTBK-SBMPTN 2022 membutuhkan persiapan, tidak hanya belajar tapi hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian. Ilustasi. Foto : ltmpt

Kampus—Sobat Kampus, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 dilaksanakan secara bergelombang. Gelombang pertama hari pertama dimulai pada Selasa, 17 Mei 2022. Jika Sobat Kampus sedang berada pada H-1 UTBK-SBMPTN 2022, apa yang harus dilakukan ?

Persiapan menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 perlu dilakukan agar Sobat Kampus mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan sampai persiapan berbulan-bulan yang Sobat Kampus lakukan menjadi berantakan karena tidak menyiapkan diri menghadapi hari H.

Baca juga :

Resmi dari LTMPT : Mekanisme Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022

Tips Saat Hari H Mengikuti UTBK SBMPTN 2022 dari LTMPT, Jangan Terlambat

Berikut adalah langkah yang perlu Sobat Kampus lakukan pada H-1 menjelang UTBK-SBMPTN 2022.

1. Kurangi Aktifitas di Luar Rumah

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, usahakan tidak keluar rumah. Aktifitas di luar rumah menjelang hari H beresiko untuk kelelahan atau tertular penyakit,

2. Jaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Sobat Kampus akan menjalani ujian yang menguras energi. Jangan sampai ujian dalam kondisi lelah, apalagi sakit. Karena itu jaga kesehatan dengan beristirahat dan makan yang cukup. Boleh berolahraga, tapi sementara jangan melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat.

3. Jangan Makan Sembarangan

Tahan nafsu untuk jajan makanan di luar. Sebaiknya konsumsi makanan di rumah. Ini untuk menghindari Sobat Kampus mengalami hal yang tidak diinginkan karena mengunsumsi makanan yang tidak sehat. Kan repot jadinya kalau tidak bisa ujian gara-gara salah makan.

Next : Jangan Belajar Terlalu Keras


4. Jangan Belajar Terlalu Keras

Tetap belajar materi-materi UTBK, tapi jangan terlalu memaksa diri. Ulangi materi-materi yang masih kurang dikuasai. Tidak usah menghabiskan waktu memaksa diri mempelajari materi yang benar-benar tidak paham.

5. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Dokumen yang harus dibawa antara lain, Kartu Tanda Peserta Ujian, Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi (Ijazah Asli) atau SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan sedang kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekola dan Kartu Identitas berupa KTP atau SIM. Satukan dokumen-dokumen tersebut di dalam map dan masukkan ke dalam tas.

6. Siapkan Peralatan yang akan Dibawa

Peralatan yang harus dibawa antara lain masker, hand sanitizer, tisu, dan minuman. Bisa juga makanan kecil jika sobat membutuhkan sebelum dan setelah ujian. Masukkan semua peralatan itu ke dalam tas yang akan dibawa saat ujian.

7. Siapkan Sertifikat Vaksin atau Hasil Tes Covid-19 Jika Diperlukan

Jika Pusat UTBK mensyaratkan vaksinasi, Sobat Kampus harus menyiapkan bukti cetak sertivikat vaksin. Jangan lupa juga instal aplikasi PeduliLindungi di HP sobat.

Jika belum vaksin, ada Pusat UTBK yang menyaratkan untuk membawa hasil tes swab antigen H-1 atau PCR H-3. Sobat Kampus harus segera tes. Usahakan hasil tes sudah didapat pada malam hari. Jangan pada hari H baru mengambil hasil tes.

Next : Siapkan Pakaian yang akan Dikenakan


8. Siapkan Pakaian yang akan Dikenakan

Bagi pria diminta mengenakan kemeja lengan panjang, lengan pendek, atau kaos berkerah. Jangan pakai kaos oblong ya, karena tidak diperbolehkan. Juga jangan memakai jeans yang bolong-bolong. Untuk wanita mengenakan rok atau celana panjang.

Sobat Kampus juga dilarang memakai pakai sandal atau sepatu sandal. Pakailah sepatu tertutup.

9. Ketahui Lokasi Ujian

Ketahui lokasi ujian UTBK. Caranya bisa mendatangi lokasi jika memungkinkan. Jika tidak, Sobat Kampus bisa melihatnya secara virtual melalui laman yang diberikan oleh Pusat UTBK atau melalui google map.

Perkirakan waktu tempuh menuju lokasi dari tempat tinggal. Rencanakan juga akan menggukan angkutan apa untuk mencapai lokasi.

10. Perbanyak Ibadah

Yang tak kalah penting, Sobat Kampus sebaiknya memperbanyak ibadah. Banyak memanjatkan doa kepada yang Maha Kuasa agar yang sobat cita-citakan tercapai.

Nah itu tadi persiapan yang bisa Sobat Kampus lakukan pada H-1 menjelang UTBK-SBMPTN 2022. Tetap rileks menghadapi ujian. Semoga ujiannya lancar dan Sobat Kampus meraih PTN idaman.

Berita terkait :

Agar Lancar, Ikuti Tips Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022 dari LTMPT

Persiapan UTBK-SBMPTN 2022, Dokumen Apa yang Harus Dibawa Saat Ujian ?

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Ini Jadwal Lengkap Terbaru UTBK-SBMPTN 2022 Setelah Perubahan

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/136162/h-1-menjelang-utbk-sbmptn-2022-apa-yang-harus-dilakukan-
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile