Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tjahjo Tegaskan ASN Harus Loyal Meski Dipimpin Penjabat Kepala Daerah

Senin 16 May 2022 15:57 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa ASN harus loyal kepada siapa pun pemimpinnya. Termasuk kepada penjabat kepala daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa ASN harus loyal kepada siapa pun pemimpinnya. Termasuk kepada penjabat kepala daerah.

Foto: Humas KemenPANRB
Tjahjo yakin penjabat Kepala Daerah bisa bekerja efektif bila didukung ASN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa ASN harus loyal kepada siapa pun pemimpinnya. Termasuk kepada penjabat kepala daerah. 

"ASN harus tetap loyal melaksanakan apa yang menjadi visi misi dan skala prioritas program pimpinan Presiden dan Wakil Presiden hingga kepala daerah terpilih, termasuk penjabat kepala daerah. Saya kira dengan demikian maka tugas penjabat kepala daerah dapat dilaksanakan dengan baik karena didukung oleh ASN-nya," kata Tjahjo dalam siaran persnya, dikutip Senin (16/5). 

Di sisi lain, Tjahjo meminta penjabat kepala daerah menjalankan pemerintahan dengan memahami ataupun melaksanakan enam isu strategis. Isu strategis itu adalah memahami kewenangan kepala daerah, mewujudkan kepemimpinan efektif, menjalankan asas-asas good governance, mengkonsolidasikan organisasi perangkat daerah (OPD), memastikan diri tak menggunakan jabatan untuk politik praktis, dan memastikan netralitas ASN.

"Seiring dengan mendekatnya pesta demokrasi, penjabat kepala daerah diminta untuk memastikan penguatan netralitas ASN," kata Tjahjo. 

Untuk diketahui, sebelum gelaran Pemilu dan Pilkada serentak 2024, terdapat ratusan kepala daerah yang habis masa jabatannya. Tahun ini, terdapat 101 posisi kepala daerah yang akan kosong. Sedangkan tahun 2023 terdapat 107 posisi kepala daerah yang kosong. 

Kekosongan posisi itu akan diisi sementara waktu oleh penjabat kepala daerah. Pada Kamis (12/5), Mendagri Tito Karnavian telah melantik lima penjabat gubernur untuk memimpin provinsi Banten, Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Papua Barat, dan Sulawesi Barat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile