Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Perlukah Persib Lakukan Seleksi Pemain untuk Slot Asia?

Selasa 17 May 2022 00:08 WIB

Rep: bandung 24jam/ Red: Partner

.

.

Foto: network /bandung 24jam
Empat pemain Asia akan seleksi bersama Persib selama pramusim berlangsung.

Ryohei Miyazaki. Dok. Persib
Ryohei Miyazaki. Dok. Persib

BANDUNG -- Persib Bandung mulai melengkapi skuad tim untuk menatap kompetisi musim depan. Musim ini, dua pemain asing Persib, Nick Kuipers dan David Da Silva memastikan diri tetap memperkuat tim.

Persib telah memperkenalkan Ciro Alves untuk mengisi kekosongan pemain yang ditinggalkan Bruno Cantanhede. Artinha, tim hanya menyisakan satu slot kuota pemain asing asal Asia.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts justru kembali menggunakan skema seleksi untuk mencari pemain asingnya. Ini bukan kali pertama bagi Robert menggunakan skema seleksi dalam menentukan pemain yang tepat bagi timnya.

Mundur ke belakang, ketika pramusim 2020, Robert membawa Wander Luiz dan Joel Vinicius untuk melakukan seleksi dengan bergabung pemusatan latihan tim. Hasilnya, hanya Wander Luiz yang memperkuat tim dan Persib merekrut Geoffrey Castillion.

Wander Luiz mendapatkan musim terbaiknya bersama Persib ketika pandemi Covid-19 belum menyerang. Dimama dia berhasil mencetak empat gol di tiga laga perdana.

Sayangnya, pandemi membuat kompetisi dibubarkan dan memaksa pemain tidak bermain hampir satu tahun lamanya. Ketika kompetisi dimulai, Wander Luiz memperlihatkan kemerosotan dalam tim sehingga dia dicoret pada paruh musim lalu.

Musim lalu, cara serupa digunakan Persib untuk mencari pemain asing asal Asia. Kapten tim nasional Afganistan, Farshad Noor hadir sebagai pemain seleksi dengan mengikuti Piala Menpora untuk membuktikan kualitasnya.

Sayangnya, Farshad dianggap tidak cocok dengan tim dan dinyatakan gagal usai menyelesaikan turnamen. Saat itu, Farshad mengakui tidak bisa menunjukkan kualitasnya karena minimnya persiapan dan dia yang sudah lama tidak bermain sepak bola.

Mohammed Rashid pun tiba untuk memperkuat tim selama musim 2021/2022 lalu. Meski tidak melalui seleksi, Rashid mampu membuktikan kualitasnya sebagai pemain profesional.

Sebenarnya, Rashid mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak dari Persib. Sayangnya, Rashid memilih untuk hengkang sehingga Persib memiliki kekosongan di slot pemain asing asal Asia.


Untuk itu, Persib kembali melakukan seleksi pemain untuk mengisi kekosongan tersebut. Di latihan perdana Persib pada Selasa (17/5/2022), nama pemain asal Jepang, Ryohei Miyazaki tiba menjadi pemain pertama yang melakukan seleksi.

"Untuk pemain Asia, satu pemain sudah tiba di Indonesia kemarin, dia pemain dari Jepang dan pernah bermain di Eropa," kata Robert.

Langkah untuk seleksi sepertinya dipakai Persib untuk Ryohei. Mengingat selama pandemi, Ryohei tidak memiliki klub sepak bola.

Dari catatan transfermarkt, pemain berusia 26 tahun ini tidak memiliki klub pada kurun waktu satu tahun lamanya. Terakhir, Ryohei membela klub asal Serbia, Backa pada musim kompetisi 2020/2021 lalu.

Di klub tersebut pun pemain berposisi gelandang serang ini bahkan minim menit bermain. Bersama Backa, dia hanya bermain di dua pertandingan dengan total bermain 45 menit saja.

Tampaknya, seleksi menjadi cara tepat bagi Persib untuk menentukan pemain anyarnya. Mengingat bukan hanya Ryohei yang tidak bermain selama pandemi Covid-19 menyerang dunia sepak bola.

Hal ini karena Persib juga memastikan punya tiga pemain lain yang akan diseleksi. Satu pemain Jepang, Filipina dan Korea. Robert pun memberikan petunjuk soal ketiganya.

"Akan ada satu pemain akan tiba pekan depan dari tim nasional Filipina. Lalu ada dua pemain lainnya. Satu berasal dari Jepang dan kini masih bermain di Eropa jadi belum bisa datang sekarang. Satu lainnya merupakan pemain Korea yang bermain di Thailand tapi masih belum bisa datang sekarang," kata Robert.

Artinya, belum tentu Ryohei, atau tiga pemain seleksi lainnya bisa masuk ke skuad Persib musim depan. Paling tidak, Robert membutuhkan waktu seleksi untuk menentukan apakah pemain tersebut layak memakai jersey Persib.

"Kami tidak ingin terburu-buru, yang paling penting adalah kami mendatangkan pemain yang tepat. Karena itu mereka didatangkan untuk melakukan seleksi," kata Robert.

Robert mengakui sebenarnya ada pemain yang menolak tawaran Persib untuk menjalani seleksi. Robert menyebut pemain asal Iran ini tidak bersedia untuk membuktikan kualitasnya dalam seleksi sehingga Persib tidak membawanya.

"Kami ingin melihat pemain tersebut beraksi di klub ini sebelum memberikan keputusan (dikontrak atau tidak)," kata Robert.

sumber : https://bandung24jam.republika.co.id/posts/136287/perlukah-persib-lakukan-seleksi-pemain-untuk-slot-asia-
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile