Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hal yang Mungkin Terjadi Pada Hari H UTBK 2022 dan Cara Mengantisipasinya

Selasa 17 May 2022 01:36 WIB

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Kampus Republika
Peserta jangan sampai terlambat di lokasi ujian UTBK 2022.

Peserta UTBK 2022 harus mengatisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat ujian berlangsung. Foto : republika
Peserta UTBK 2022 harus mengatisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat ujian berlangsung. Foto : republika

Kampus—Sobat Kampus peserta UTBK 2022 tentu sudah siap dengan segala persiapan menghadapi ujian nanti. Tapi sejumlah kemungkinan bisa terjadi pada hari H UTBK 2022. Kita perlu mempersiapkan diri dan mengantisipasi berbagai kemungkinan itu agar ujian tetap lancar.

Berikut adalah berbagai hal yang mungkin terjadi pada di Hari H UTBK 2022 dan cara mengantisipasinya

Berita terkait : Ini Penjelasan Lengkap tentang UTBK-SBMPTN 2022 yang Dimulai Hari Ini

1. Terlambat Bangun

Terlambat bangun ini sangat mungkin terjadi. Terutama bagi sobat ikut ujian sesi pagi. Kondisi terlalu lama belajar daring membuat banyak pelajar malas bangun pagi. Bagi yang Muslim setelah Subuh banyak yang tidur lagi.

Agar tidak terlamba bangun, tidurlah lebih cepat dari biasanya. Mintalah anggota keluarga untuk membangunkan sobat. Jika kebetulan tinggal sendiri, jangan lupa pasang alarm untuk mengingatkan.

Berita terkait : Tips Saat Hari H Mengikuti UTBK SBMPTN 2022 dari LTMPT, Jangan Terlambat

2. Terlambat Sampai di Tempat Ujian

Panitia UTBK meminta peserta untuk datang ke lokasi satu jam sampai 30 menit sebelum ujian dilaksanakan. Sobat jangan sampai terlambat. Agar tidak terlambat, lokasi ujian UTBK harus sudah diketahui sebelumnya. Jangan mencari-cari lokasi ujian saat berangkat.

Capai lokasi dengan cara tercepat dan effektif. Berjalan kaki bisa saja dilakukan jika jaraknya dekat dari tempat tinggal. Tapi jangan lakukan jika tak terbiasa. Bisa-bisa nanti kelelahan sampai tempat ujian. Atau badan basah kuyup karena keringat.

Jika menggunakan kendaraan roda empat, pertimbangkan juga soal kemungkinan terjadinya kemacetan. Di lokasi ujian biasanya terjadi anteran dan penumpukan kendaraan pengantar peserta UTBK.

Menggantungkan pada angkutan online juga harus hati-hati. Ada kemungkinan pada hari H sulit mencari kendaraan karena banyaknya peserta yang menggunakan angkutan online.

3. Lapar Saat Ujian

Jangan lupa sarapan bagi yang ikut sesi pagi, dan makan siang bagi yang ikut sesi siang. Jika sobat tidak makan dan mengalami lapar saat ujian tentu akan mengganggu.Perut lapar bisa membuyarkan konsentrasi. Akibatnya sobat tidak bisa fokus mengerjakan soal.

Jika sobat tidak terbiasa sarapan, sebaiknya membawa makanan kecil yang dikonsumsi sebelum masuk ke ruang ujian. Jangan lupa membawa minuman juga ya.

Next : 4. Kehilangan Tanda Peserta UTBK

Baca juga : H-1 Menjelang UTBK-SBMPTN 2022, Apa yang Harus Dilakukan ?


4. Kehilangan Tanda Peserta UTBK

Kehilangan tanda pengenal mungkin dialami. Saat terburu-buru dan panik, apa saja bisa terjadi. Jika Sobat Kampus kehilangan tanda peserta UTBK atau tanda pengenal lain, segera melapor ke panitia UTBK di lokasi ujian.

Berita terkait : Persiapan UTBK-SBMPTN 2022, Dokumen Apa yang Harus Dibawa Saat Ujian ?

5. Gugup dan Cemas

UTBK bukanlah ujian biasa. Materi yang diujikan bukan materi sekolah. Suasana ujian juga berbeda, di tempat asing dengan orang-orang yang sebagian besar tidak dikenal. Dalam kondisi demikian mungkin sobat akan gugup dan cemas.

Tapi kecemasan justeru akan membuyarkan persiapan yang sudah Sobat Kampus lakukan. Bisa-bisa materi yang sudah dipelajari menjadi lupa.

Jangan biarkan perasaan cemas itu. Rileks saja. Tutup mata sebentar, bayangkan sobat sedang berada di tempat yang paling sobat sukai dan menghadapi soal yang paling sobat inginkan.

Berdoalah kepada yang Maha Kuasa agar sobat diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal-soal UTBK.

6. Tidak Bisa Menjawab Soal

Sobat Kampus mungkin tidak bisa menjawab semua soal yang diujikan saat UTBK. Jangan terlalu risau. Jawab saja semua soal yang diberikan. Dalam UTBK tidak ada pengurangan nilai. Jadi jika jawaban sobat salah, tidak ada resiko.

Berita terkait : Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Tinggalkan dulu soal-soal yang benar-benar tidak dimengerti. Jangan memaksa menghabiskan waktu mengerjakan soal yang benar-benar tidak paham. Saat menjelang akhir waktu, kembalilah ke soal yang tidak dimengerti tadi, dan tebaklah jawabannya. Tapi menebak jawaban ini juga jangan asal-asalan. Sebaiknya sobat singkirkan dulu jawaban yang paling tidak mungkin, baru memilih sisanya.

Nah Sobat Kampus, itu tadi sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi pada saat hari H UTBK 2022. Mudah-mudahan itu tidak terjadi pada sobat. Selamat mengikuti UTBK 2022. Semoga suskses.

Berita terkait :

Resmi dari LTMPT : Mekanisme Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022

Tips Saat Hari H Mengikuti UTBK SBMPTN 2022 dari LTMPT, Jangan Terlambat

Agar Lancar, Ikuti Tips Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022 dari LTMPT

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Ini Jadwal Lengkap Terbaru UTBK-SBMPTN 2022 Setelah Perubahan

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/136336/hal-yang-mungkin-terjadi-pada-hari-h-utbk-2022-dan-cara-mengantisipasinya
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile