Rabu 18 May 2022 00:43 WIB

Pengidap Diabetes Harus Hati-Hati, Buah dan Sayur Ini Mengandung Indeks Glikemik Tinggi

Sayuran dan buah tertentu ada yang indeks glikemiknya tinggi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Sayur dan buah (Ilustrasi). Sayuran dan buah juga ada yang memiliki indeks glikemik tinggi. Pengidap diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.
Foto:

Gejala diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas memproduksi hormon insulin. Peran utama insulin adalah mengatur kadar gula darah. Tanpa efek moderasi ini, kadar gula darah dapat naik ke tingkat yang berbahaya dan menyebabkan serangkaian komplikasi.

Banyak orang mengidap diabetes tipe 2 tanpa disadari. Ini karena gejalanya tidak selalu membuat pengidapnya merasa tidak sehat. Gejala diabetes tipe 2 meliputi:

- Frekuensi kencing lebih sering dari biasanya, terutama di malam hari

- Merasa haus sepanjang waktu

- Merasa sangat lelah

- Berat badan turun tanpa usaha

- Gatal di sekitar area genital

- Luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh

- Penglihatan kabur

Segera temui dokter jika memiliki salah satu gejala diabetes tipe 2 atau mungkin merasa khawatir memiliki risiko tinggi. Anda Mungkin akan memerlukan tes darah yang bisa dilakukan di pusat kesehatan setempat, menurut NHS.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement