Selasa 17 May 2022 20:35 WIB

Tanda Kolesterol Tinggi Makin Serius Bisa Dirasakan di Kaki

Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda-tanda kolesterol tinggi semakin seris bisa dirasakan di kaki (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda-tanda kolesterol tinggi semakin seris bisa dirasakan di kaki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsultan kardiologis di Harley Street Clinic (bagian dari HCA Healthcare UK) dr Rodney Foale, mengatakan kolesterol lemak densitas rendah (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat. Jumlah yang tinggi dalam darah menyebabkan penyumbatan di arteri dan meningkatkan risiko masalah jantung atau stroke.

Itulah mengapa pentingnya menjaga level kolesterol Anda tetap terkendali karena kondisinya dapat berkembang menjadi masalah lebih lanjut. Kolesterol tinggi dianggap sebagai awal dari masalah kesehatan yang serius, menurut National Health Services (NHS).

Baca Juga

"Jika tidak diobati, seiring waktu kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis," ujarnya seperti dilansir di laman Express, Selasa (17/5/2022).

Ia menjelaskan, arteri tersumbat dengan zat lemak yang disebut plak. Ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Proses yang membuat arteri Anda tersumbat ini terkadang dapat menyebabkan masalah serius dan sering kali fatal, termasuk iskemia ekstremitas kritis.

Kondisi yang berpotensi fatal ini dapat menarik perhatian pada masalah mendasar, tingginya kadar kolesterol dalam darah Anda. "Iskemia ekstremitas kritis terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas," kata dia.

Meski begitu, hal ini tidak terjadi tanpa gejala yang muncul. Karena kondisi ini dipicu oleh berkurangnya aliran darah ke kaki Anda, ini adalah area di mana gejala dapat terlihat.

Dr Foale membuat daftar gejala iskemia ekstremitas kritis diantaranya rasa sakit terbakar yang parah di kaki dan kaki Anda yang berlanjut bahkan saat Anda sedang beristirahat. Gejala lainnya kulit Anda menjadi pucat, berkilau, halus, dan kering.

Tak hanya itu, muncul pula luka dan borok (luka terbuka) di kaki dan kaki yang tidak kunjung sembuh juga kehilangan massa otot di kaki Anda. Gejala lain yang muncul adalah kulit pada jari kaki atau tungkai bawah menjadi dingin dan mati rasa, berubah menjadi merah dan kemudian hitam dan mulai membengkak dan menghasilkan nanah yang berbau, juga menyebabkan nyeri hebat.

Pakar tersebut mengatakan, angioplasti atau cangkok bypass biasanya merupakan pengobatan yang direkomendasikan, namun, dalam beberapa kasus, amputasi di bawah lutut mungkin diperlukan.

"Jika Anda merasa mengalami gejala iskemia ekstremitas kritis, Anda harus segera menghubungi dokter umum untuk diagnosis," ujarnya.

Sayangnya, tidak banyak tanda peringatan kolesterol tinggi karena tanda bahaya biasanya hanya muncul seiring perkembangan kondisi. "Ini adalah faktor risiko tersembunyi, yang berarti itu terjadi tanpa kita sadari," kata dia.

Jika merasa Anda berisiko, dokter akan merujuk Anda untuk tes darah sederhana untuk memeriksa kolesterol. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi.

"Mereka akan mendasarkan ini pada usia, berat badan, status merokok, tekanan darah tinggi (jika Anda menderita diabetes), atau apakah ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau masalah jantung," jelasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نَّصْبِرَ عَلٰى طَعَامٍ وَّاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ مِنْۢ بَقْلِهَا وَقِثَّاۤىِٕهَا وَفُوْمِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۗ قَالَ اَتَسْتَبْدِلُوْنَ الَّذِيْ هُوَ اَدْنٰى بِالَّذِيْ هُوَ خَيْرٌ ۗ اِهْبِطُوْا مِصْرًا فَاِنَّ لَكُمْ مَّا سَاَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ ࣖ
Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.” Dia (Musa) menjawab, “Apakah kamu meminta sesuatu yang buruk sebagai ganti dari sesuatu yang baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta.” Kemudian mereka ditimpa kenistaan dan kemiskinan, dan mereka (kembali) mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.

(QS. Al-Baqarah ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement