Rabu 18 May 2022 03:44 WIB

Kalahkan Southampton, Liverpool Hidupkan Peluang Raih Gelar Liga Inggris

Melakoni laga krusial ini, Liverpool sempat tertinggal lebih awal dari Southampton

Red: Muhammad Akbar
pemain Liverpool Takumi Minamino
Foto: tangkapan layar Guardian.com
pemain Liverpool Takumi Minamino

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Liverpool menghidupkan peluangnya untuk tetap bersaing pada perebutan gelar juara Liga Primer Inggris usai mengalahkan Southampton 2-1 di Stadion St. Mary's Stadium, Rabu (18/5) dini hari WIB.

Tambahan tiga angka ini membuat Liverpool mengoleksi 89 poin dari 37 laga. Koleksi angka the Reds itu hanya berjarak satu angka saja dengan Manchester City yang berada di posisi puncak klasemen.

Dengan selisih angka yang ketat itu, penentuan gelar juara Liga Inggris musim ini harus ditentukan hingga matchday penutup musim pada Ahad (22/5) mendatang. Pada laga pamungkas tersebut, Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers, sedangkan City menerima kunjungan Aston Villa.

Melakoni laga krusial ini, Liverpool sempat tertinggal lebih awal dari tim tuan rumah. Southampton mencetak skor pembukanya pada menit ke-13. Aksi serangan balik ke jantung pertahanan the Reds itu berhasil dituntaskan dengan sempurna oleh tendangan keras dari Nathan Redmond.

Gol dari Redmond itu membuat pelatih Liverpool Juergen Klopp terlihat meradang di pinggir lapangan. Klopp marah karena gol itu harusnya dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran yang dialami pemain Liverpool. Namun wasit bergeming dan mengesahkan gol tersebut.

Lima menit setelah gol Redmond tersebut, gawang Southampton sebenarnya sempat bergetar. Sayangnya, bola hasil tandukan kepala dari Firmino itu dianulir wasit yang menilai pemain Liverpool sudah berada dalam posisi offside saat tendangan bebas dilakukan.  

Ikhtiar dari Liverpool untuk mendapatkan gol itu akhirnya berbuah pada menit ke-27. Gol penyeimbang itu dicetak oleh Takumi Minamino usai menerima umpan dari Diogo Jota pada sisi kanan pertahanan tim tuan rumah.

Selepas turun minum, Liverpool masih terus berusaha mendominasi permainan. Usaha itu baru bisa diraih pada menit ke-67 melalui gol dari Joel Matip. Gol yang sempat membentur kepala pemain bertahan Southampton Kyle Walker-Peters itu langsung disambut dengan penuh kegembiraan para pendukung Liverpool.  

Meski sempat membuat tekanan namun hingga peluit panjang kedua ditiup wasit, skor 2-1 buat kemenangan Liverpool tetap tidak berubah. Dengan hasil ini maka ikhtiar Juergen Klopp bersama anak asuhnya untuk meraih quadruple alias empat gelar semusim masih tetap terbuka.

Sejauh ini, Liverpool Sudah mengantungi dua gelar dari Piala Liga dan Piala FA. Dua trofi lainnya yang masih harus diusahakan berpeluang dari Liga Inggris dengan bersaing melawan City dan Liga Champions melawan Real Madrid di partai final.  

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement