Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Masjid Dirnis, Landmark Keagamaan dan Pusat Budaya Purbakala Azerbaijan

Rabu 18 May 2022 01:48 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Masjid Dirnis, Landmark Keagamaan dan Pusat Budaya Purbakala Azerbaijan

Masjid Dirnis, Landmark Keagamaan dan Pusat Budaya Purbakala Azerbaijan

Foto: Azertag
Masjid Dirnis dibangun dan didirikan pada abad ke-17.

REPUBLIKA.CO.ID,BAKU -- Distrik Ordubad di Republik Otonomi Nakhchivan merupakan salah satu pusat budaya kuno atau purbakala Azerbaijan. Lokasi ini juga menjadi rumah bagi banyak masjid yang indah, seperti Masjid Dirnis.

 

Masjid Dirnis, atau yang juga dikenal sebagai Masjid Haji Huseyngulu, merupakan rumah ibadah yang berlokasi di dekat tempat suci Ashabi-Kahfi yang terkenal. Monumen bersejarah ini terletak di jalan Mirza, Yukhari, Desa Dirnis.

Baca Juga

Dilansir di Azertag, Rabu (18/5/2022), mengingat ukuran masjid ini yang sangat besar, tidak sedikit masyarakat yang menyebutnya sebagai “Masjid Boyuk” yang berarti masjid besar (Masjid Jame).

Pintu masuk utamanya berada di sisi barat, sementara untuk wanita ada di sisi timur. Di depan tembok di sisi timur laut, dibangun sebuah balkon di lantai pertama untuk menampung jamaah perempuan.

Langit-langit masjid tersebut berdiri di atas tumpuan lima tiang di setiap sisinya, yang secara keseluruhan berjumlah sepuluh tiang atau kolom. Tak hanya itu, masjid ini memiliki tiga jendela besar di dinding timur, dua jendela di dinding barat, serta tiga jendela di dinding selatan.

Menurut prasasti yang terletak di salah satu tiang, yang ditulis dengan warna hitam, sangat jelas menunjukkan Masjid ini diperbaiki pada 1920-1921, dengan Arsitek Hasan dari Ordubad yang memperbaiki monumen budaya ini.

Menurut fitur arsitekturnya, Masjid Dirnis dibangun dan didirikan pada abad ke-17.  

Sumber:

https://azertag.az/en/xeber/Dirnis_Mosque___another_religious_landmark_of_Nakhchivan_ancient_cultural_center_of_Azerbaijan-2137499

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile