Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Liverpool Atau City Juara Liga Primer Inggris? Laga Pekan Terakhir Jadi Penentuan

Rabu 18 May 2022 03:00 WIB

Red: Andri Saubani

Ekspresi Manajer Liverpool, Juergen Klopp seusai kemenangan timnya 2-1 atas Southampton pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di St Mary Stadium, Rabu (18/5/2022) dini hari WIB. Kemenangan membuat gelar Liga Primer Inggris akan ditentukan pada laga pekan terakhir, akhir pekan ini.

Ekspresi Manajer Liverpool, Juergen Klopp seusai kemenangan timnya 2-1 atas Southampton pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di St Mary Stadium, Rabu (18/5/2022) dini hari WIB. Kemenangan membuat gelar Liga Primer Inggris akan ditentukan pada laga pekan terakhir, akhir pekan ini.

Foto: EPA/Tolga Akmen
Liverpool dan Manchester City hanya berselisih satu poin di klasemen Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, Anggoro Pramudya, Eko Supriyadi

Liverpool pada Rabu (18/5/2022) dini hari WIB meriah tiga poin krusial setelah menang 2-1 di kandang Southampton (Soton) dalam matchday ke-37 Liga Primer Inggris di St. Mary's Stadium. Kemenangan Liverpool ini memaksa penentuan juara liga pada laga pekan terkahir pada Ahad (22/5/2022) setelah sebelumnya Manchester City ditahan imbang West Ham United, 2-2.

Baca Juga

Liverpool sempat dibuat terkejut oleh Southampton dengan gol yang tercipta pada menit ke-13. Nathan Redmond melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau Alisson usai menerima bola dari Nathan Tella. Skor menjadi 1-0.

Skuat Jurgen Klopp mampu membalas ketika pertandingan telah memasuki menit ke-27. Takumi Minamino membuat kedudukan jadi seimbang dengan memanfaatkan umpan dari Diogo Jota. Kedudukan menjadi 1-1.

Liverpool mencoba untuk mencetak gol kedua di sisa waktu babak pertama. Sayang, skor imbang tidak mengalami perubahan hingga jeda istirahat.

Skuad the Reds kemudian melakukan pergantian pemain sebelum babak kedua dimulai. Joe Gomez harus digantikan oleh Henderson karena cedera. Gelandang Liverpool lainnya, James Milner dimasukkan dan menempati posisi bek kanan.

Selepas turun minum kedua tim saling melancarkan serangan demi mencetak gol kedua. Kendati demikian, upaya mereka tidak cukup untuk membuka jalannya.

Liverpool akhirnya berada bisa berbalik unggul pada menit ke-67. Joel Matip mencatatkan namanya papan skor dan mengubah skor menjadi 2-1. Sepak pojok Tsimikas dengan baik ditanduk oleh Joel Matip ke pojok kiri gawang Southampton.

Meski sedang unggul, The Reds tetap berupaya mengejar gol ketiga untuk menyudahi perlawanan tim tuan rumah. Beberapa upaya telah mereka lakukan di sisa-sisa menit pertandingan.

Southampton baru bisa lepas dari gempuran Liverpool menjelang laga berakhir. Pada menit ke-88, mereka mengancam dari tembakan jarak jauh Redmond.Tembakan Redmond mengarah ke gawang, tetapi Alisson masih sigap mengamankan bola.

Liverpool berhasil mempertahankan keunggulan dan pada akhirnya, mereka harus puas dengan keunggulan 2-1. Tambahan tiga poin membuat The Reds menempel ketat pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris League, Manchester City dengan selisih satu poin.

Melawan Southampton, Jurgen Klopp bak berjudi dengan menurunkan skuad lapis kedua. Jadwal padat setelah akhir pekan lalu melakoni laga final Piala FA melawan Chelsea membuat Klopp mengambil keputusan mengistirahatkan para pemain utamanya sebelum melakoni laga pekan terkahir Liga Primer Inggris pada akhir pekan ini.

Manajer Liverpool itu membuat sembilan perubahaan dari tim yang mengalahkan Chelsea dalam adu penalti di Piala FA akhir pekan lalu. Bek andalan Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Andrew Robertson, Sadio Mane, Luis Diaz, serta Mohamed Salah tak dimainkan. Peran mereka digantikan oleh Joel Matip, Joe Gomez, Tsimikas, Firmino, Diogo Jota, pun Minamino.

 

Seusai laga, Klopp mengaku tersentuh dengan kinerja pemain Liverpool dalam kemenangan 2-1 melawan Southampton. Ia bahkan mengibaratkan kualitas pemainnya seperti 'garasi Ferrari'.

 

''Agak berlebihan, sangat menyentuh apa yang dilakukan para pemain. Saya memberitahu mereka setelah pertandingan, apa yang saya lakukan selama beberapa hari ke mereka dan harus dilakukan, karena situasinya cukup jahat,'' kata Klopp, dikutip dari Sky Sports, Rabu (18/5/2022).

Ia mengatakan, Takumi Minamino jarang bermain, Alex Oxlade-Chamberlain juga tidak sering masuk skuad sehingga kondisinya cukup baik. Dua pemain muda, Harvey Elliott dan Curtis Jones dianggap Klopp memberikan segalanya di lapangan. Oleh karena itu, Klopp senang membuat sembilan perubahan tapi timnya tampil dengan baik.

"Kami akan memiliki banyak masalah jika kami memainkan pemain yang bermain 120 menit pada Sabtu. Setelah membuat sembilan perubahan, jika itu tidak berhasil, itu adalah tanggung jawab saya. Sekarang berhasil, itu adalah tanggung jawab pemain. Saya pikir mereka melakukannya dengan sangat baik,'' kata Klopp. 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile