Rabu 18 May 2022 12:19 WIB

Ini Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan

Red: Christiyaningsih
Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan.
Foto: UBSI
Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki pekerjaan yang mapan hingga mendapatkan tunjangan di hari tua tentunya menjadi idaman banyak orang. Salah satu profesi idaman di Indonesia yang sampai saat ini banyak diminati orang adalah menjadi Pengawai Negri Sipil (PNS). 

Hal ini ditunjukkan oleh besarnya antusias masyarakat yang mendaftar CPNS hingga menembus angka lima juta jiwa pendaftar. Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan mulai dari gaji, tunjangan besar, jenjang karier jelas, hingga masa depan terjamin berkat dana pensiun.

Baca Juga

Dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang didapatkan, maka tidak dapat dipungkiri syarat menduduki kursi PNS membutuhkan proses dan seleksi ketat. Salah satu persyaratan yang tidak kalah penting untuk dapat menjadi seorang PNS adalah bidang akademis. Pendidikan sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. 

Penasaran dengan beberapa jurusan kuliah yang  berpeluang besar untuk menjadi PNS? Yuk simak, berikut ini beberapa jurusan tersebut!

Jurusan Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan program studi yang mengarah pada engineering. Lulusan jurusan Teknologi Informasi akan memiliki keahlian di bidang perancangan teknologi, implementasi, pengembangan, serta manajemen atau dukungan terhadap sistem informasi yang berbasis computer, baik hardware ataupun software.

Seiring dengan aktivitas manusia yang semakin banyak dilakukan secara digital, tenaga di bidang teknologi informasi pun kian dibutuhkan. Untuk itu, jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, maupun Ilmu Komputer akan dibutuhkan di pemerintahan. 

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari ilmu pengelolaan bisnis seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Tak hanya itu, jurusan manajemen juga mempelajari pelbagai bidang keilmuan seperti kegiatan perusahaan atau korporasi yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis.

Melihat banyaknya bidang keilmuan yang ada di Jurusan Manajemen, maka tak heran jika jurusan ini memiliki banyak kesempatan di sektor pemerintahan. Mengutip data dari Kemnaker, tes CPNS 2021 Kementerian Luar Negeri membutuhkan lulusan S1 manajemen untuk posisi perencana, arsiparis, penata kanselerai, analis kelembagaan, dan yang lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement