Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Unisba Rancang Strategi Targetkan Diakui di Tingkat Asia

Rabu 18 May 2022 20:03 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

 Rapat Kerja (Raker) Struktural Unisba tahun 2022.

Rapat Kerja (Raker) Struktural Unisba tahun 2022.

Foto: Istimewa
Kreativitas berada pada puncak keterampilan yang paling dibutuhkan. 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Unisba menggelar Rapat Kerja (Raker) Struktural tahun 2022 dengan mengangkat tema "Strategi Internasionalisasi Tridharma Menuju Rekognisi Unisba di Asia" yang dilaksanakan di Aula Unisba, Selasa 17 Mei 2022.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 108 orang peserta yang merupakan pejabat struktural di lingkungan Unisba terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi, Kepala Bagian, Kepala Unit Pelayanan Teknis, Kepala Kantor, Ketua Lembaga, serta Sekretaris Bagian dan Lembaga.

Menurut Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH, momentum raker ini harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk merumuskan, merancang dan mengatur strategi dalam menghadapi kehidupan perguruan tinggi dengan segala dinamikanya.

“Kita harus cermat dan tepat merumuskannya apalagi dalam suasana dunia yang penuh disrupsi. perkembangan ini telah banyak menghadirkan perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi," ujar Edi.

Oleh karena itu, menurut Edi, semua harus pandai-pandai menempatkan diri supaya perguruan tinggi tetap berada pada barisan perguruan tinggi yang diperhitungkan dan memberi kemanfaatan dan kebanggaan kepada umat selaku stakeholder utama.

Raker ini, kata dia, harus dapat merumuskan strategi yang tepat terutama dalam hal pertimbangan prodi yang kurikulumnya akan mengalami perubahan untuk menyesuaikan dan relevan dengan kemajuan industri.

Kemudian, penumbuhan kreativitas mahasiswa karena pada zaman sekarang kreativitas berada pada puncak keterampilan yang paling dibutuhkan. Selain itu, sistem pembelajaran dan perkuliahan juga harus terus dikembangkan yang tidak hanya online, blended atau hybrid.

Sementara menurut Wakil Rektor Unisba Prof Ir A Harits Nu'man MT PhD IPM, target jangka pendek yang akan dilakukan untuk mencapai target Unisba mencapai rekognisi di Asia adalah meningkatkan kinerja institusi melalui SDM, sarana dan prasarana. Serta memperbanyak kelas internasional dan fasilitas sesuai dengan standar internasional.

"Kemudian berikutnya dalah melakukan akreditasi internasional, khususnya untuk prodi, yang akhirnya memiliki repotasi atau rekognisi internasional. Setelah itu, kita memperbanyak prodi-prodi lainnya untuk akreditasi internasional," paparnya.

Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Dr M Samsuri SPd MT, pihaknya akan selalu mensupport Unisba dan perguruan tinggi lainnya yang akan terus meningkatkan mutu dan layanan pendidikannya.

"Kalau ada 1.000 persen, support kita akan 1.000 persennya. Apa yang dibutuhkan oleh Unisba dan perguruan tinggi di Jabar dan Banten untuk kemajuan dan peningkatan kualitasnya akan kita support sepenuhnya," kata Samsuri.

Samsuri mencontohkan jika Unisba akan meningkatkan kualitas dosen dan membutuhkan rekomendasi LLDIKTI maka pihaknya akan langsung cepat memprosesnya. "Termasuk jika ada dosen yang ingin berkiprah menjadi reviewer, kita akan berikan ruang. Pokoknya dari segala sisi kita akan support," katanya.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile