Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lima Makanan Mengandung Kolagen, Bagus untuk Kulit

Rabu 18 May 2022 13:53 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Makanan yang mengandung kolagen, bagus untyk kulit. (ilustrasi)

Makanan yang mengandung kolagen, bagus untyk kulit. (ilustrasi)

Foto: Republika.co.id
Dehidrasi memengaruhi kulit dan mempercepat proses penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat ketika Anda mengira AC dan pendingin telah meredakan panas terik di luar, kulit Anda mulai "bertingkah" aneh. Kulit menjadi pucat dan kecokelatan, dengan jerawat yang muncul. Hal itu karena dehidrasi ekstrem yang Anda alami karena panas dan keringat selama musim panas.  

 

Dilansir di laman food.ndtv pada Rabu (18/5/2022), dehidrasi juga memengaruhi kulit dan mempercepat proses penuaan. Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan menyarankan menenggak air untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Baca Juga

Berikut lima makanan kaya kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit: 

1. Ayam

Ayam kaya akan asam amino yang berperan penting dalam produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, beberapa penelitian di seluruh dunia juga menemukan bahwa beberapa bagian ayam (leher dan tulang rawan) merupakan sumber kolagen yang baik dan dapat membantu mengobati radang sendi.

2. Ikan

Ikan dianggap sebagai sumber asam amino yang kuat dan mineral penting seperti seng dan tembaga yang membantu dalam produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung lemak sehat yang membantu membuat kulit bercahaya dan sehat.

3. Jeruk

Lemon dan buah jeruk lainnya mengandung jumlah antioksidan dan vitamin C yang baik, yang tidak hanya membantu dalam produksi kolagen tetapi juga membuang racun, yang mengarah ke kulit yang ternutrisi dengan baik. Selain itu, buah sitrat juga membantu melawan peradangan kulit.

4. Sayuran 

Sayuran berdaun seperti bayam, selada, dan sebagainya dianggap sebagai makanan super karena mengandung setiap nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk pertumbuhan dan nutrisi secara keseluruhan. Ini juga mengandung klorofil yang menurut beberapa penelitian memainkan peran utama dalam produksi kolagen.

5. Paprika

Paprika sarat dengan vitamin C, antioksidan, asam amino dan beberapa mineral penting yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, mengandung senyawa antiinflamasi yang disebut capsaicin yang dapat membantu memerangi penuaan kulit.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile