Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fergi Nadira Bachruddin

Indonesia Ajak Pebisnis Giat Ekspor Produk Halal ke Kanada

Bisnis | Wednesday, 18 May 2022, 17:37 WIB
Sr: KJRI Toronto

OTTAWA - Paviliun Indonesia mengisi kegiatan Halal Expo Canada 2022 di Mississauga, Kanada belum lama ini. Dalam sambutan pada pembukaannya, Duta Besar RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak mengajak pelaku usaha Indonesia untuk terus menggiatkan ekspor produk halal Indonesia ke Kanada.

Dubes Daniel menjelaskan bahwa Kanada dikenal sebagai negara yang multikultur dan terbuka terhadap imigran, termasuk di antaranya imigran yang beragama Islam. Ia mencatat saat ini, Kanada memiliki populasi Muslim sebesar 1,3 juta jiwa.

"Indonesia memiliki peluang yang besar mengingat pasar produk halal Kanada mencapai 1 miliar dolar AS dan nilai industri halal Indonesia mencapai USD 6 miliar," ujar Dubes Daniel Tumpal dalam keterangan pers KJRI Toronto, Selasa (17/5/2022).

Partisipasi Indonesia pada Halal Expo Canada 2022 ini merupakan yang pertama kalinya selama pandemi. Indonesia menampilkan berbagai produk kopi, teh, mie instan kering, beras porang, serta berbagai penganan (dry food).

Statistics Canada mencatat bahwa ekspor Indonesia ke Kanada meningkat 31,8 persen pada 2021 atau mencapai 1,57 miliar dolar AS dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai 1,2 miliar dolar AS. Di tahun yang sama, perdagangan kedua negara juga mengalami peningkatan sebesar 32,94 persen.

Sementara itu, pada segmen produk halal, belum banyak produk halal Indonesia yang menembus pasar Kanada. Dengan market size sebesar 1 miliar dolar AS, Indonesia perlu menggiatkan ekspor produk halal untuk memanfaatkan potensi pasar produk halal di Kanada.

Selain Indonesia, Halal Expo Canada 2022 diikuti oleh sekitar 70 exhibitor dari sejumlah negara seperti Malaysia, Turki, Bosnia Herzegovina, Amerika Serikat (AS), Pakistan dan lain-lain. Menurut Direktur Pameran Halal Expo Canada 2022, Naseer Deeb salah satu tujuan pameran tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung maupun masyarakat Kanada mengenai gaya hidup halal dan hidup dengan halal di Kanada, sekaligus mempromosikan produk halal dari berbagai negara.

Sr: KJRI Toronto

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image