Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

In Picture: Terima Dubes China, Ini Harapan Wapres

Rabu 18 May 2022 16:18 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi

Kerja sama Indonesia dan China dapat meningkatkan nilai perdagangan di masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berharap kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dan China dapat ditingkatkan.

Wapres mengatakan, selama ini China dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang erat. Salah satunya, kerja sama di bidang perdagangan yang telah mencapai 110 miliar dolar AS.

Baca Juga

"Saya berharap Indonesia dan China dapat terus memanfaatkan kesempatan sekarang ini untuk mewujudkan kerja sama yang lebih konkret yang lebih menguntungkan. Kami sangat menghargai semangat China untuk membuka lebih luas lagi kerjasama dalam berbagai bidang," kata Wapres ketika menerima Duta Besar China untuk Indonesia yang baru, Lu Kang di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022)

Wapres menyatakan, kerja sama Indonesia dan China dapat terus meningkatkan nilai perdagangan di masa mendatang. Sehingga diharapkan defisit perdagangan Indonesia dapat diminimalisasi.

"Saya titip pada Pak Duta Besar selama bertugas di Indonesia, untuk terus mendorong kebijakan kedua negara yang mempersempit defisit atau menyeimbangkan nilai perdagangan dari kedua negara," ujar Wapres.

Wapres juga berharap China dapat memperluas produk ekspor dari UMKM yang ada di Indonesia sehingga perekonomian Indonesia dapat lebih meningkat. Karena itu, Wapres berharap untuk dapat dilakukan koordinasi yang masif dalam penyelesaian permasalahan ekspor produk dari Indonesia ke China.

"Saya juga mengharapkan kedua negara  dapat terus berkoordinasi dalam menyelesaikan hambatan-hambatan perdagangan antara lain, hambatan yang dihadapi produk perikanan dan pertanian Indonesia yang akan diekspor ke Tiongkok," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres juga memberikan ucapan selamat kepada Lu Kang, atas penugasan baru sebagai Duta Besar yang ditempatkan di Indonesia.

Sementara itu, Lu Kang meminta dukungan kepada Indonesia, termasuk Wapres untuk dapat menjalankan hal yang telah disepakati antara kedua Kepala Negara. "Saya bersedia bersama-sama dengan pihak Indonesia melaksanakan kesepakatan-kesepakatan penting yang telah dicapai oleh Kepala Negara kita, supaya membawa lebih banyak kemanfaatan dan kesejahteraan bagi rakyat kita," ucap Lu Kang.

Ia juga menanggapi permintaan perluasan produk ekspor Indonesia ke China. Ia mengungkapkan tingginya permintaan masyarakat China terhadap produk Indonesia di bidang pertanian dan perikanan.

"Sebenarnya masyarakat China sangat tertarik dengan produk-produk Indonesia yang unggul. Pihak China bersedia mengimpor lebih banyak produk-produk Indonesia di bidang pertanian dan perikanan," kata Lu Kang.

Di sisi lain, untuk mengatasi hambatan dalam upaya meningkatkan kerjasama investasi dan perdagangan, Lu Kang mengusulkan untuk memperbarui perjanjian dalam bidang teknologi dan ekonomi.

"Kami mengusulkan agar ada pembaruan perjanjian di bidang teknologi dan ekonomi antara China dan Indonesia untuk memudahkan perizinan perusahaan ke pasar dan kami menyambut berbagai upaya dalam membuka akses pasar, baik secara bilateral maupun secara regional," kata dia.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
hide ads show ads
desktop mobile