Kamis 19 May 2022 07:27 WIB

FIBA Larang Rusia dan Belarusia Ikut Kompetisi Bola Basket Internasional

Timnas putra Rusia dan Belarusia mundur dari kualifikasi zona Eropa di Piala Dunia.

Red: Endro Yuwanto
Logo Federasi bola basket internasional (FIBA).
Foto: www.fiba.com
Logo Federasi bola basket internasional (FIBA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi bola basket internasional (FIBA) pada Rabu (18/5/2022) melarang Rusia dan Belarusia menggelar dan berpartisipasi dalam turnamen internasional hingga pengumuman lebih lanjut. Ini menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Dilansir Reuters, Kamis (19/5/2022), timnas putra Rusia dan Belarusia telah menarik diri dari kualifikasi zona Eropa untuk Piala Dunia tahun depan dan tidak akan digantikan.

Baca Juga

Rusia telah menyebut invasi yang dijalankan sebagai operasi militer khusus, sedangkan Belarusia membantu negara itu melancarkan serangan militernya ke Ukraina.

Tim putri Rusia, yang seharusnya bermain di Piala Dunia di Australia tahun ini, telah mengundurkan diri dan digantikan oleh Puerto Rico, sedangkan tim U-17 putri Rusia telah digantikan oleh Serbia untuk Piala Dunia di Hungaria.

Kedua negara itu juga tidak diizinkan berpartisipasi di kompetisi basket 3x3, termasuk Piala Dunia. Sejumlah federasi olahraga dunia telah menjatuhkan sanksi kepada atlet Rusia dan Belarusia serta ofisial, juga memindahkan atau membatalkan ajang-ajang yang digelar di negara Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement