Kamis 19 May 2022 10:14 WIB

Statistik Thailand Diunggulkan, Pengamat: Justru Ini Bisa Buat Timnas U-23 Potensi Menang

Ada sesuatu yang membuat potensi timnas Indonesia menang cukup besar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam sedang menjalani latihan.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Para pemain timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam sedang menjalani latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-23 Indonesia bakal meladeni Thailand di babak semifinal sepak bola putra SEA Games XXXI/2021 Vietnam, Kamis (19/5/2022) sore nanti. Secara statistik Thailand lebih diunggulkan. Namun ada sesuatu yang membuat potensi timnas Indonesia menang cukup besar.

Menurut pengamat sepak bola Akmal Marhali saat acara Cocomeo Channel, duel Indonesia versus Thailand bisa dibilang musuh bebuyutan, bahkan lebih menarik jika dibanding duel negeri serumpun Indonesia melawan Malaysia.

Baca Juga

"Total sudah 21 kali perjumpaan Indonesia melawan Thailand di SEA Games. Hasilnya kita cuma 4 menang, 2 imbang, dan 15 kali kalah. Tercipta 57 gol, Thailand mencetak 47 gol, kita hanya 10 gol," ujar Akmal, Kamis.

Untuk catatan pertemuan semifinal di sepanjang sejarah SEA Games, sudah terjadi delapan kali. Indonesia hanya menang satu kali, sudah lama sekali, yakni pada tahun 1979. Kala itu skuad Garuda menang 3-1.

Akmal menyebut, walau secara statistik Thailand unggul, ada faktor penting yang bisa membuat peluang menang timnas cukup terbuka.

"Kita ada 7 pemain yang menjadi bagian timnas SEA Games 2019. Saat itu Indonesia menang 2-0 atas Thailand, sekarang 7 pemain tersebut sudah menjadi bagian utama timnas. Sebaliknya, Thailand hanya menyisakan 2 pemain SEA Games 2019," jelas Akmal.

Ketujuh pemain tersebut adalah Asnawi Mangkualam, Firza Andika, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdhani, Witan Sulaeman, dan Egy Maulana Vikri.

"Kala itu pelatihnya Indra Sjafri, sekarang Indra masih dalam tim sebagai direktur teknik. Seiring waktu harusnya timnas lebih padu. Potensi Indonesia harusnya lebih matang secara pengalaman, lebih banyak pemainnya yang sudah bermain di SEA Games," kata Akmal.

Selain itu, ada 11 pemain jebolan Piala AFF 2020 lalu. Meski saat itu Indonesia kalah 0-4 dan seri 2-2 di partai final. "Ini dapat dijadikan pelajaran bagi pelatih Shin Tae-yong," pungkas Akmal.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَانُوْٓا اَشَدَّ مِنْكُمْ قُوَّةً وَّاَكْثَرَ اَمْوَالًا وَّاَوْلَادًاۗ فَاسْتَمْتَعُوْا بِخَلَاقِهِمْ فَاسْتَمْتَعْتُمْ بِخَلَاقِكُمْ كَمَا اسْتَمْتَعَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ بِخَلَاقِهِمْ وَخُضْتُمْ كَالَّذِيْ خَاضُوْاۗ اُولٰۤىِٕكَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ
(keadaan kamu kaum munafik dan musyrikin) seperti orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya. Maka mereka telah menikmati bagiannya, dan kamu telah menikmati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal-hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS. At-Taubah ayat 69)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement