Kamis 19 May 2022 21:28 WIB

Tom Cruise Ungkap Alasannya Enggan Menggunakan Stuntman

Tom Cruise berkomitmen untuk aksi menantang maut.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Tom Cruise mengungkapkan alasan tidak menggunakan stuntman. (Ilustrasi)
Foto: AP
Tom Cruise mengungkapkan alasan tidak menggunakan stuntman. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Tom Cruise menjelaskan mengapa dia terus melakukan aksinya sendiri di film tanpa stuntman. Film seperti Risky Business, Top Gun, dan Rain Man melambungkan nama Cruise pada 1980-an. 

Namun, aktor itu menjadi identik dengan pembuatan film aksi blockbuster besar dan pekerjaan akrobat, yang sebagian besar berkat franchise Mission: Impossible. Dimulai dari awal yang sederhana pada 1996 dengan Mission: Impossible dari sutradara Brian De Palma, waralaba telah berubah menjadi kendaraan bagi Cruise untuk melakukan aksi yang semakin berbahaya, seringkali di bawah arahan Christopher McQuarrie. 

Mission: Impossible – Fallout, entri terbaru dalam waralaba itu membawa pemeran Ethan Hunt tersebut ke aksi baru. Cruise melakukan belasan lompatan HALO (ketinggian tinggi, pembukaan rendah) dari pesawat angkut besar untuk salah satu adegan film. Sekuel Mission: Impossible–Fallout, sekarang secara resmi berjudul Mission: Impossible–Dead Reckoning Part I, telah dikonfirmasi untuk menampilkan lebih banyak lagi aksi menantang maut, termasuk satu urutan yang sangat mengesankan di mana Cruise mengendarai sepeda motor dari tebing.

Untuk Top Gun: Maverick, sekuel mendatang yang penuh aksi untuk hit Cruise 1986, aktor dan produser itu tetap sama. Dia melakukan aksi dengan jet tempur yang digunakan untuk banyak urutan adegan di udara.

Menjelang pemutaran Top Gun: Maverick di Festival Film Cannes, Cruise duduk untuk diskusi Percakapan Kelas Master. Dia menjelaskan mengapa dia tetap berkomitmen untuk melakukan aksinya sendiri. Cruise menyiratkan bahwa melakukan aksinya sendiri hanyalah bagian dari siapa dia.

"Tidak ada yang bertanya kepada Gene Kelly, 'Mengapa kamu menari? Mengapa kamu menari sendiri?’,” kata Cruise dilansir Screen Rant, Kamis (19/5/2022).

Kelly, seorang aktor yang dikenal karena penampilannya dalam hit klasik seperti Singin' in the Rain dan An American in Paris, terkenal karena gaya menarinya yang sangat energik. Komentar Cruise menunjukkan bahwa sama seperti Kelly, aktor Mission: Impossible itu pandai melakukan aksinya sendiri dan menjadikannya bagian integral dari filmnya. Cruise, yang saat ini berusia 59 tahun, sedang syuting film Mission: Impossible kedelapan dan mungkin yang terakhir. 

Dia menggoda dengan mengatakan bahwa aksi stunt-nya tidak akan melambat dalam waktu dekat. Sementara Mission: Impossible–Dead Reckoning Part II akan menampilkan sejumlah aksi yang lebih besar dan berani, Cruise sejauh ini akan menyarankan bahwa dia berkomitmen untuk aksi menantang maut, bahkan di luar waralaba Mission: Impossible.

Masih harus dilihat kejutan apa yang dimiliki Cruise untuk penggemar selama dekade berikutnya dalam kariernya, tetapi komentarnya baru-baru ini menegaskan bahwa kerja akrobat adalah bagian dari siapa dia, alih-alih bertanya kenapa penonton harus menyaksikannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement